logo


Dari Steward, Kini Menjadi Executive Chef

Kisah Perjalanan Rahdian Adimas Menjadi Executive Chef di Grand Artos Aerowisata Hotel-Magelang

23 Oktober 2014 11:23 WIB

dok foto jitunews
dok foto jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM-Merintis karir sebagai seorang Steward atau pencuci piring di salah satu resto di Bengkulu, siapa sangka kini Rahdian Adimas (47), telah menduduki puncak karier tertinggi sebagai Executive Chef di Grand Artos Aerowisata Hotel yang berada di Magelang – Jawa Tengah.

Lahir dan dibesarkan dari keluarga sederhana, membuat Pria yang akrab disapa Rahdian ini tak bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi selepas lulus dari SMEA. Meski tidak dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, Rahdian tak lantas berputus asa. Agar tidak menjadi beban bagi kedua orang tuanya, Ia pun menerima ajakan salah seorang pamannya untuk merantau ke pulau Sumatera. Dan pada akhirnya, Rahdian pun mulai bekerja sebagai steward di Monaco Restaurant-Bengkulu pada tahun 1990.

Di sela-sela rutinitas Rahdian sebagai steward, pria kelahiran Subang, 29 Juli 1967 ini selalu menyempatkan diri untuk menggali ilmu culinary. Mulai dari membantu para cook saat membuat pesanan makanan para tamu restoran, hingga memerhatikan dan bertanya tentang teknik memasak kepada para senior cook. Keuletan serta loyalitas yang ditunjukan oleh Rahdian rupanya membuat dirinya diangkat sebagai cook helper.


Awas! Jangan Lepaskan Kalau Kamu Ketemu Tipe Cewek ini

Kehandalan Rahdian menciptakan menu-menu yang lezat, rupanya berdampak positif. Pada tahun 1991 Rahdian menerima tawaran bekerja sebagai Cook di Sweet Bar & Restaurant- Bengkulu. Setelah dua tahun menggali potensi diri di dapur restoran, Rahdian pun mencoba melamar sebagai Cook ke hotel bintang dua di Kota Bengkulu. Setelah menjalani serangkaian tes, akhirnya Rahdian diterima berkerja di hotel berlabel Niaga Hotel.

Tinggal jauh dari keluarga di Subang–Jawa Barat, membuat Rahdian kerap dirundung rasa rindu. Ia pun bertekad mencari pekerjaan baru yang memungkinkan dirinya lebih sering pulang ke kampung halaman. Oleh karena itu pada tahun 1994, saat Kartika Chandra Hotel-Jakarta, tengah membuka lowongan kerja sebagai Cook, Rahdian pun segera melayangkan apply. Lagi-lagi keberuntungan berpihak pada sosok berkulit putih ini. Sebab Kartika Chandra Hotel menerima Rahdian menduduki jabatan Cook di hot kitchen hotel.

Di hotel bintang empat ini karier Rahdian terus menanjak. Di tahun 1997, ia dipercaya menduduki posisi sebagai Demi Chef selama dua tahun. Lalu dipromosikan sebagai Chef de Partie di tahun 1999 – 2005 dan sebagai Sous Chef hingga tahun 2010. Sampai pada akhirnya Rahdian didaulat menduduki jabatan sebagai Executive Sous Chef hingga tahun 2012.

Seakan masih haus akan ilmu dan pengalaman, Rahdian pun memutuskan untuk resign dari Kartika Chandra Hotel dan mengajukan lamaran ke Grand Artos Aerowisata Magelang, Jawa Tengah, untuk posisi yang sama. Karena loyalitas dan kecekatannya dalam membuat beragam masakan dan mengkoordinir crew, satu tahun kemudian Rahdian dipercaya menduduki puncak karier tertinggi di dapur hotel, yakni sebagai Executive chef. Dan jabatan tersebut diembannya hingga saat ini.

 

 

 

Ingat! Hidupmu Tidak Hanya untuk Masalah Pekerjaan Saja

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro, Hasballah