logo


Mengembangbiakkan Semut Jepang Buat Pengobatan

Semut jepang berkhasiat karena punya antibodi yang tinggi

23 Oktober 2014 11:22 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Apa yang membedakan semut jepang dengan semut lainnya? Nah, hal pertama yang bisa menjadi pembeda semut jepang dengan semut yang lainnya adalah semut jepang memiliki sayap namun tidak bisa terbang.  Selain itu ciri lainnya adalah ia memiliki badan yang keras. Namun siapa sangka dibalik perawakannya yang serba mini semut jepang berkhasiat bagi kesehatan manusia karena semut jepang punya antibodi yang tinggi.

Bagi penderita penyakit hati, diabetes, asam urat, hingga stroke, semut jepang dipercaya bisa membuat kadar penyakit tersebut berkurang bahkan hilang. Cara mengonsumsinya pun sederhana, yakni dengan mencampurkan ke minuman atau makanan, tentunya dengan porsi yang tidak berlebihan.

Bagi yang tertarik untuk membudidayakan semut yang rata-rata dibanderol seharga 5 ribu rupiah per ekornya ini, simak langkah-langkah yang tergolong mudah ini:


Tips Memilih Hewan Kurban

•    Siapkan bibit semut jepang (minimal 3 ekor, namun jika jumlahnya lebih banyak tentu akan lebih bagus karena perkembangbiakannya akan lebih cepat)

•    Sediakan wadah (biasanya berupa toples tapi diberi lubang kecil pada tutupnya untuk sirkulasi udara).

•    Ragi tape untuk pakan semut jepang, silahakan menuju toko kue untuk membelinya.

•    Memiliki ruangan dengan suhu ± 30ᵒ C.

•    Sediakan kapas seperlunya sesuai wadah (toples) yang digunakan, kapas berguna sebagai tempat semut jepang beristirahat dan berkembang biak.

•    Setelah smeuanya siap, semut jepang, ragi dan kapas dimasukkan kedalam toples yang sudah disediakan.

•    Rajin-rajinlah memonitor ragi tape sembari mengamati perkembangannya, biasanya setelah 4 pekan semut ini sudah bisa dipanen.

 

Berternak Ayam Kampung Super

Halaman: 
Penulis : Agung Rahmadsyah,