logo


7 Bunga Paling Populer

banyak bunga yang bagus,tapi sedikit yang populer

23 Oktober 2014 11:09 WIB

Ilustrasi bunga.(Johdan/Jitunews)
Ilustrasi bunga.(Johdan/Jitunews)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tanaman hias bunga merupakan jenis tanaman hias yang memiliki bunga cantik nan unik yang siap memikat siapa saja yang melihatnya. Jenis tanaman hias bunga memiliki banyak macamnya, berikut ini adalah penjelasannya :

Mawar

Bunga ini adalah jenis bunga dari tanaman semak genus Rosa yang sekaligus menjadi nama dari tanaman ini. Keindahan dari tanaman ini terdapat pada bunganya, setiap helai dari kuntum bunga sudah tidak dapat terbantahkan lagi. Bunga ini sering dijadikan sebagai ungkapan kasih sayang baik untuk pacar, teman atau pun sahabat dekat.


Cara Benar Menanam dan Merawat Tanaman Pacar Kuku

Kamboja

Kamboja yang memiliki bunga dan postur batang yang unik sempat membuatnya menjadi tanaman hias yang paling dicari. Jenis dari bunga ini sendiri terdiri dari bunga yang berwarna merah, putih dan kuning. Kamboja bisa tumbuh hingga mencapai tinggi 6 meter dengan cabang yang banyak dengan ujung lunak. Bunga ini memiliki batang yang cukup besar dan bunga jenis ini memiliki getah yang cukup banyak. Getah dari bunga kamboja mengandung senyawa lupeol, amyrin, triterpenoid, kautscuk dan damar. Selain itu bunga kamboja juga mengandung minyak fenetil alkohol, farnesol, geraniol, sitronellol dan linallol.

Anggrek

Bunga Anggrek dapat tumbuh pada daerah yang sedikit memiiki air, air yang diperoleh bunga ini berasal dari air hujan, tetesan embun serta uap air di udara. Tanaman anggrek biasanya hidup di bawah naungan tanaman lainnya. Beberapa jenis tanaman anggrek yang populer sebagai tanaman hias diantaranya adalah jenis Cattleya yang memiliki bunga besar dan spektakuler, Dendrobium yang merupakan jenis yang paling populer dari jenis anggrek lainnya, Grammatophylum yang memiliki nama lokal anggrek papua raksasa, selanjutnya adalah anggrek Oncidiu, Phalaenopsis, Spathyphyllum, anggrek tanah dan lain-lain.

Krisan

Bunga yang biasa dikenal dengan nama bunga Aster atau Seruni ini merupakan jenis bunga yang memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi karena memiliki potensi secara komersial. Bunga ini memiliki keunggulan karena kaya akan warna serta mampu bertahan lama.

Melati

Melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Di antara 200 jenis melati yang telah diidentifikasi oleh para ahli botani, baru sekitar 9 jenis melati yang umum dibudidayakan dan terdapat delapan jenis melati yang potensial untuk dijadikan tanaman hias. Sebagian besar jenis melati tumbuh liar di hutan-hutan karena belum terungkap potensi ekonomi dan sosialnya. Jenis dari bunga ini ada Melati Putih (Jasminum Sambac), Melati Gambir (Jasminum Officinale), melati Jasminum Parkeri, Jasminum Elongatum, Jasminum Mensyi, Jasminum Multiflorum, Jasminum Revolutum Sims, Jasminum Rex dan Jasminum Simplicifolium

Kertas

Keindahan dari bunga ini terdapat pada seludung bunganya yang berwarna cerah, karena hal itulah tanaman ini sangat popular. Seludung dari tanaman ini dianggap sebagai bunga, sebenarnya, bunganya sangat kecil yang terdapat pada tengah seludung. Tanaman hias yang ini sangat populer karena kecantikan warnanya, selain itu perawatannya juga terbilang cukup mudah.

Matahari

Tanaman bunga mata hari biasa di tanam sebagai tanaman hias untuk pekarangan dan taman. Ciri-ciri dari bunga matahari adalah berdiri tegak dan berbulu, dapat mencapai ketinggian 1 sampai 3 meter, umur bunga matahari kurang dari 1 tahun, berbatang basah, berdaun tunggal yang berbentuk hati, ukuran bunga besar sepanjang tepi cawan dan bunga yang berwarna kuning serta ditengahnya terdapat bunga-bunga kecil.

Jangan Asal! Temukan Jenis-jenis Bunga yang Cocok dengan Karakter Pribadi Mu Di Sini

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin, Riana