logo


Sukseskan Penghijauan, Pemkot Jakut Tanam Seribu Pohon Pucuk Merah

Pohon pucuk merah yang ditanam ini diharapkan dapat menambah penghijauan di halaman kantor Wali Kota Jakarta Utara

16 Maret 2016 16:49 WIB

Petugas sedang menanam pohon pucuk merah di linkungan kantor Walikota Jakut. (dok. beritajakarta.com)
Petugas sedang menanam pohon pucuk merah di linkungan kantor Walikota Jakut. (dok. beritajakarta.com)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Untuk mendukung program penghijauan di wilayah Jakarta Utara, Senin (12/3) lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara (Jakut) menanam 1.000 pohon jenis pucuk merah

Pohon bernama Latin Syzygium oleana ini ditanam di halaman Plaza Timur dan Plaza Barat kantor Wali Kota Jakarta Utara. Penanaman pohon ini dilakukan dengan tujuan untuk merubah areal gedung Pemerintahan tersebut menjadi lebih hijau dan indah. 

Menurut Kepala Bagian Umum Pemkot Jakut, Dedi Sumardi, kegiatan ini sekaligus untuk memberikan contoh kepada masyarakat bahwa penghijauan bisa dilakukan dengan mudah apabila ada kemauan yang kuat. 


5 Tanaman Ruangan Tren 2018 untuk Rumahmu, Tengok Yuk!

"Kita berharap pohon pucuk merah yang ditanam ini dapat menambah penghijauan di halaman kantor Wali Kota Jakarta Utara. Karenanya, kita minta para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan masyarakat dapat merawat dan menjaga pepohonan yang baru ditanam ini," pinta Dedi. 

Menyoal karakteristik pohon pucuk merah sendiri, sekilas, bentuk tajuk dan daun dari tanaman ini memang mirip dengan tanaman cengkeh, namun jika dilihat dengan seksama ataupun dicium tanaman ini tentu memiliki perbedaan dari tanaman cengkeh.

Dikenal dengan nama pucuk merah, dikarenakan tanaman ini memiliki daun yang tumbuh rapat berwarna hijau dan merah. Warna merah pada tanaman ini akan terlihat saat tunas daun baru tumbuh pada bagian pucuk, yang kemudian akan berubah menjadi warna coklat, dan terakhir berubah menjadi warna hijau saat daun semakin tua. Pucuk merah dapat hidup hingga puluhan tahun, dengan diameter bisa mencapai 30 cm dan tinggi mencapai 7 meter. 

Dengan berbagai keistimewaannya, tanaman pucuk merah ini dapat membuat suasana lingkungan tampak hijau dan asri.

Kembali Jadi Primadona, Yuk Kenali Manfaat Tersembunyi dari Aglaonema

Halaman: 
Penulis : Riana