logo


Tak Lagi Terima Subsidi, Pelanggan 900 VA Alami kenaikan Tarif Hampir 3x Lipat

Pelanggan reguler akan mengalami kenaikkan pembayaran tarif listrik hampir tiga kali lipat

16 Maret 2016 15:01 WIB

Kepala Divisi Niaga PLN Benny Marbun. (Ist)
Kepala Divisi Niaga PLN Benny Marbun. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pelanggan listrik PT PLN (Persero) terutama yang mengalami penyisiran listrik dari penerima subsidi menjadi pelanggan reguler akan mengalami kenaikkan pembayaran tarif listrik hampir tiga kali lipat.

Pernyataan ini ditegaskan kepala Divisi Niaga PLN Benny Marbun. Menurutnya pelanggan listrik berdaya 900 Volt Ampere (VA) yang masuk golongan masyarakat mampu sebanyak 18 juta pelanggan, tidak akan lagi menerima subsidi mulai pertengahan tahun ini. Dengan kata lain, pelanggan tersebut akan merasakan tarif yang sama dengan tarif yang dibayarkan pelanggan listrik berdaya 1.300 VA.

"Data PLN ada 22 juta Rumah tangga 900 Va, yang miskin menurut TNP2K ada 4,1 juta pelanggan berati ada 18 juta pelanggan yang tidak disubsidi," kata Benny, di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Rabu (16/3).


Paradigma Pengelolaan Energi Nasional Harus Berubah

Benny menambahkan, dengan tarif non subsidi tersebut, pelanggan 900 VA yang tidak lagi menerima subsidi akan merasakan lonjakan tarif hingga hampir tiga kali lipat dari biasanya, saat masih menerima subsidi listrik.

"Golongan 900 Va itu awalnya Rp 70 ribu per bulan, kalau 1300 sekarang ini sekitar 170 ribu per bulan. Ya hampir 3 kalilah," pungkasnya.

‎Seperti yang diketahui, sejak 18 Januari 2016 lalu, PLN bersama Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) melakukan pendataan terkait pengguna listrik PLN yang benar pantas mendapatkan subsidi. Pendataan yang berlangsung selama dua bulan ini, secara langsung dapat memilah rumah tangga yang berhak atau tidak mendapat subsidi.

"Kami mulai lakukan pendataan 18 Januari 2016 pendataan dengan cara awal kami pilah dulu data per provinsi, kabupaten, kecamatan dan desa,setelah dipilah kami cetak datanya alamatnya nomor induknya, kami tugaskan pegawai PLN Jalan ke daerah," jelas Benny.

Hore! Harga Pertamax dan Pertalite Turun Per Hari Ini

Halaman: 
Penulis : Citra Fitri Mardiana, Vicky Anggriawan