logo


Kepercayaan Suu Kyi Terpilih Jadi Presiden Myanmar Non Militer Pertama

Htin Kyaw didukung 360 dari 652 suara mengalahkan pensiunan jenderal Myint Swe, yang mendapatkan 213 suara

15 Maret 2016 17:23 WIB

Presiden baru Myanmar, Htin Kyaw. (Foto: Aung Shine Oo/AP)
Presiden baru Myanmar, Htin Kyaw. (Foto: Aung Shine Oo/AP)

MYANMAR, JITUNEWS.COM - Myanmar akhirnya memiliki seorang presiden baru yang tak lain teman dekat dan orang kepercayaan Aung San Suu Kyi. Htin Kyaw, terpilih menjadi Presiden Myanmar pertama yang non militer sejak tahun 1960-an.

"Hasil hari ini karena kecintaan rakyat kepadanya. Ini kemenangan saudari saya Aung San Suu Kyi," ungkap Htin Kyaw seperti dilansir Reuters usai pemungutan suara.

Suu Kyi membawa partai Liga Demokrasi Nasional (NLD) pimpinannya mencapai kemenangan telak pada pemilihan umum November tahun lalu, namun konstitusi melarangnya menjadi kepala negara.

Htin Kyaw, seseorang yang memimpin lembaga derma yang didirikan Suu Kyi, dan menjadi salah satu anggota terpercaya di lingkaran dalamnya sejak pertengahan 1990-an. Dia sendiri bukanlah anggota parlemen.

Mayoritas anggota NLD memastikan kemenangan Htin Kyaw dalam pemungutan suara kedua parlemen. Htin Kyaw mendapatkan 360 dari 652 suara.

"Ini hari yang besar bagi kita," Zar Ni Min, anggota parlemen majelis rendah dari NLD, mengatakan setelah pemungutan suara. "Ini apa yang kami harapkan sejak dahulu."

Militer yang kuat masih menduduki seperempat dari jumlah keseluruhan kursi parlemen, dan di bawah konstitusi memiliki hak untuk mencalonkan salah satu dari tiga kandidat presiden. Calon dari militer, pensiunan jenderal Myint Swe, mendapatkan 213 suara, yang menjadikannya wakil presiden pertama.

|berbagai sumber|Ant|Reuters|

Cerita Fadli Zon Saat Mengunjungi Pengungsi Rohingya

Halaman: 
Penulis : Tommy Ismaya