logo


Sebaiknya Hal Ini Dilakukan Sebelum Memasak Sayuran

Setelah dicuci, sayuran selanjutnya harus direndam dengan air yang telah dicampur garam.

15 Maret 2016 07:11 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mau ditumis atau disayur bening, olahan berbahan dasar sayur tentu memiliki cita rasa yang sama lezatnya untuk disantap. Namun, sebelum diolah sayuran biasanya dibersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan air mengalir. Namun, ternyata cara ini belum begitu efektif lho, mengapa?

Usut punya usut, ternyata saat ditanam biasanya ada hama seperti ulat kecil yang tidak mati ketika disemprot pestisida Yang mana ulat sayur ini kerap menyempil dilembar daun yang tak terlewat oleh pandangan mata. Jadi tidak berlebihan, jika membersihkan dengan air yang mengalir saja bisa dipastikan belum cukup menihilkan hama membandel tersebut.

Oleh karenanya, menurut R.K Widyastuti selaku Kitchen Coordinator Restoran Palalada Jakarta mengatakan, setelah sayuran dicuci dengan air bersih, selanjutnya harus melalui tahap merendam sayuran dengan air yang telah dicampur garam.


Tersesat di Hutan, Jangan Panik, Lakukan Hal ini

"Air yang telah dicampur garam bisa membuat ulat sayur yang masih menempel bisa terangkat dari sayuran," ujarnya saat ditemui Jitunews, Senin (14/3) di Jakarta.

Ia melanjutkan, setelah sayuran tersebut dipastikan bersih dari ulat, maka harus dibilas kembali dengan air bersih dan selanjutnya sayuran tersebut pun bisa diolah sesuai selera.

Mendaki Gunung Saat Musim Hujan Itu Seru, Asal...

Halaman: 
Penulis : Hartati, Syukron Fadillah