logo


Cara Jitu Basmi Hama Tikus dan Wereng Ya Minapadi...

Ariantono: Kebetulan di Sleman ini serangan hama tikus tergolong tinggi, berkat minapadi hama tikus jauh berkurang

14 Maret 2016 15:13 WIB

Sawah minapadi di Dusun Kandangan, Kelurahan Margodadi, Kecamatan Seyegan, Sleman, Yogjakarta. (Foto: JItunews/Aditya Kurniawan)
Sawah minapadi di Dusun Kandangan, Kelurahan Margodadi, Kecamatan Seyegan, Sleman, Yogjakarta. (Foto: JItunews/Aditya Kurniawan)

SLEMAN, JITUNEWS.COM – Berbagai cara ditempuh oleh para petani padi untuk mengusir dan meredam serangan hama tikus dan wereng, mulai dari menebar racun hingga menerangi sawahnya dengan lampu khusus penangkal hama.

Ariantono, warga Dusun Kandangan, Kelurahan Margodadi, Kecamatan Seyegan, Sleman, Yogjakarta, justru mengandalkan proses alamiah untuk menangkal hama padi, yakni dengan menganut sistem budidaya minapadi. 

Menurut pria yang tergabung dalam Kelompok Tani Mina Makmur tersebut, dengan minapadi, hama tikus dapat berkurang, bahkan hilang 100%.

 


Ini Dia Persiapan Beserta Hasil Panen Satu Hektar Sawah Sistem Mina Padi

“Minapadi itu kan membuat posisi sawah selalu terendam air dengan ketinggian 60 cm pada caren dan 80 cm di setiap sudut sawah, keadaan itu menyulitkan dan membuat tikus enggan datang menyerang tanaman padi. Kebetulan di Sleman ini serangan hama tikus tergolong tinggi, berkat minapadi hama tikus jauh berkurang,” kata Ariantono ketika ditemui JITUNEWS.COM disela-sela kegiatan presstour yang diadakan Dirjen Perikanan Budidaya KKP beberapa waktu lalu.

Selain hama tikus, kata Ariantono, sistem minapadi juga mampu meredam serangan hama wereng. Teknisnya, ketika wereng hinggap ditanaman padi, besar peluang untuk tercebur ke dalam air sehingga wereng akan menjadi santapan nila merah, sang penunggu minapadi. Untuk melindungi nila dari pemangsa, Ariantono menutupi seluruh areal sawahnya dengan paranet.

“Nila itu kan warnanya merah menyala, jadi dapat mengundang perhatian burung-burung pemangsa seperti bangau jadi saya tutupi pakai paranet biar aman,” pungkas Ariantono.

 

 

Apa Yang Dimaksud Model Pertanian Save And Grow? Ini Jawabannya

Halaman: 
Penulis : Aditya Kurniawan, Riana