logo


Wah, Ikan Lemuru Menghilang dari Selat Bali!

Menghilangnya ikan lemuru diduga karena perubahan kondisi oseanografi perairan akibat pengaruh perubahan iklim

22 Oktober 2014 15:29 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Selat Bali merupakan andalan nelayan dalam mencari ikan, termasuk jenis ikan lemuru atau Bali Sardinella. Namun sejak 2010 peredaran ikan lemuru menghilang dari Selat Bali.

Kondisi ini membuat produksi pengalengan ikan sarden menjadi lesu. Menghilangnya ikan lemuru di Selat Bali diduga disebabkan perubahan kondisi oseanografi perairan akibat pengaruh perubahan iklim. Lemuru diperkirakaan bergerombol pada lapisan perairan yang lebih dalam yang tidak terjangkau oleh alat tangkap. Fenomena overfishing (kelebihan tangkap) di Selat Bali juga diduga menjadi penyebab hilangnya sumberdaya ikan lemuru.

Dinas Perikanan dan Kelautan Bali bekerja sama dengan perusahaan pengalengan ikan tengah meneliti penyebab habisnya ikan lemuru yang digunakan sebagai bahan baku ikan sardine di Selat Bali.Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Bali (Diskanlut) Bali Made Gunaja mengatakan hasil penelitian ditargetkan selesai akhir tahun ini agar dapat segera mencari solusi terbaik untuk mengatasi kelangkaan ikan jenis itu.


Menteri Susi: Ikan Jadi Andalan Utama

“Sudah berjalan penelitiannya, sekarang masih berlangsung. Bagaimanapun penting mengetahui penyebab kenapa ikan-ikan di sana bisa habis,” jelasnya

Diskanlut Bali tidak ingin berspekulasi habisnya ikan di selat yang terletak di antara Pulau Jawa dan Bali itu dikarenakan terlalu banyak dimanfaatkan oleh pabrik pengalengan ikan di Kabupaten Jembrana. Akan lebih baik, jelasnya, menunggu hasil penelitian untuk mengetahui penyebab pastinya.

 

 

Realisasikan Bantuan Usaha Budidaya, KKP Tebar Perdana Benih Ikan

Halaman: 
Penulis : Riana,