logo


Honor Turun, Driver Go-jek Ancam Mogok Kerja

Langkah demo ini dilakukan menyusul adanya keputusan manajemen yang menurunkan honor per-kilometernya

14 Maret 2016 07:00 WIB

Ilustrasi demo pengemudi Go-jek (ISTIMEWA)
Ilustrasi demo pengemudi Go-jek (ISTIMEWA)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Hari ini, senin (14/3/16), rencananya sejumlah driver ojek berbasis online (Go-Jek) berencana akan melakukan mogok kerja dan demo di depan kantor gojek di Jl. Kemang Selatan Raya No. 99 Jakarta Selatan.

"Ya, besok rencananya kita (driver Go-jek) mau berangkat demo ke kantor pusat," ungkap salah satu pengemudi Go-Jek, Fajar Sidik, kepada Jitunews.com saat mengantar penumpang ke daerah Tendean, Jakarta, Minggu pagi (13/3) kemarin.

Fajar menyebutkan, para pengemudi Go-Jek yang akan melakukan demo besok berjumlah ratusan driver yang berasal dari seluruh kawasan Jabodetabek.


Ketum GEMPARI Sesalkan Keterlibatan Pelajar dalam Demo RKUHP

"Besok driver se-jabodetabek sudah janjian mau mogok, mungkin ada yang ikut demo atau tidak narik untuk menghormati driver lain," kata pria yang dulu kerja di material itu.

Ia menjelaskan, langkah unjuk rasa dan mogok ini dilakukan menyusul adanya keputusan manajemen Go-Jek yang kembali menurunkan honor per-kilometernya.

Tahun lalu, berita terkait keputusan manajemen yang menurunkan honor driver Go-Jek juga pernah terjadi, sehingga membuat para driver kecewa dan sekarang terulang lagi.

"Dulu juga pernah mas, awalnya untuk aplikasi (transport) perkilometer kita dibayar Rp.4000 lalu turun Rp.3000 dan sekarang Rp. 2500. Untuk Go-Food, yang tadinya perkilometer dibayar Rp. 26.000 menjadi 16.000 dan pointnya juga diturunkan dari 3 Poin ke 2 Poin," ungkap Fajar dengan wajah sedikit lesu.

Ia berharap, kebijakan penurunan tarif ini urung terlaksana dan para driver Go-Jek tidak jadi melakukan mogok kerja. "Kita sedih mas, semoga management tidak jadi dengan kebijakan penurunan tarif ini, driver sih maunya narik terus seperti biasa," tutup Fajar.

Pemberhentian KJP, Cara Pemprov DKI Cegah Pelajar Ikut Demo

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin