logo


Tips Membuat Pupuk Bokashi Skala Besar (Pertanian)

pupuk bokashi untuk skala pabrik

22 Oktober 2014 13:48 WIB

istimewa
istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Untuk membuat pupuk bokashi dengan skala besar, kita bisa menggunakan bahan-bahan dari hijauan sisa panen dan limbah peternakan. Waktu yang dibutuhkan sama saja dengan pembuatan skala rumahan, hanya berbeda pada volume bahan bakunya saja.

Langkah pertama siapkan 200 kg jerami atau sisa hijauan, 600 kg kotoran ternak yang telah kering, 50 kg serbuk gergaji atau dedak, 50 kg arang sekam, 100 kg humus (top soil, berasal dari tanah hutan lebih baik), 1 liter larutan dekomposer (EM4) dan 1 kg gula pasir.

Langkah kedua, setelah bahan-bahannya tersedia, pililah tempat fermentasi yang terlindung dari air hujan dan sengatan matahari langsung. Setelah menentukan tempatnya, buatlah lubang berbentuk persegi panjang di atas tanah tersebut dengan lebar 1 meter, panjang 2 meter dengan kedalaman 30-50 cm.


Jagung Transgenik, Produk Bioteknologi Pengundang Kontroversi

Langkah ketiga cacah terlebih dulu jerami atau hijauannya kecil-kecil. Campurkan dan aduk bahan-bahan yang telah disiapkan menggunakan cangkul atau sekop. Jika tanah yang anda pilih memiliki keasaman, tambahkan abu (Mg) dan kapur pertanian (Ca) untuk memperkaya kandungan hara pupuk bokashi yang dihasilkan.

Langkah keempat, jika bahan-bahan sudah teraduk dengan rata, encerkan larutan EM4 campurkan dengan 200 liter air bersih dan 1 kg gula pasir, kemudian siramkan pada campuran bahan baku sambil diaduk. Selanjutnya atur kelembaban hingga mencapai 30-40%, untuk memperkirakan tingkat kelembabannya, kepalkan campuran hingga bisa menggumpal tapi tidak sampai mengeluarkan air. Apabila kelembabannya kurang, tambahkan air secukupnya.

Langkah kelima tutup rapat lubang fermentasi dengan plastic atau terpal, diamkan hingga 7-14 hari. Perlu diingat, control suhu fermentasi hingga maksimal 45oC. Apabila melebihi suhu tersebut, aduk dengan cangkul agar suhunya turun. Setelah 14 hari, biasanya pupuk bokashi sudah terbentuk dan bisa diaplikasikan langsung.

Teknologi Jitu Robot Khusus Pemanggil Walet

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin, Riana