logo


Tips Jitu Meramu Pupuk Bokashi Skala Rumahan

pupuk bokashi untuk produksi skala rumahan

22 Oktober 2014 13:37 WIB

istimewa
istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tahukah Anda jika limbah makanan rumah tangga juga bisa dibuat pupuk bokashi? Penasaran mau tahu caranya? Berikut ini cara jitu meramu limbah makanan rumahan menjadi pupuk.

Langkah pertama, siapkan bahan-bahan seperti sisa sayuran, buah-buahan, sisa makanan (nasi roti), tulang ikan, tulang ayam, dedak 5 kg atau serbuk gergaji, 5 kg arang sekam, 10 ml EM4 dan dua sendok gula pasir.

Langkah kedua siapkan tong plastic ukuran 200 liter. Siapkan tong dengan bagian bawah yang sudah dilubangi untuk mengeluarkan cairan hasil pengomposan. Cairan ini bisa digunakan sebagai pupuk organic cair. Selanjutnya potong kecil material organic dan campurkan dengan dedak dan arang sekam. Encerkan larutan EM4 sebanyak 10 ml dengan air 1 liter. Jangan lupa untuk menambahkan 2 sendok gula pasir dan siramkan pada campuran bahan baku tadi.


Jagung Transgenik, Produk Bioteknologi Pengundang Kontroversi

Langkah terakhir, tutup rapat tong plastic apabila suhu melebihi 45oC. Proses pembuatannya kira-kira 5-7 hari, kalau sudah berubah warna dan teksturnya seperti tanah, itu tandanya pupuk bokashi sudah terbentuk.

Teknologi Jitu Robot Khusus Pemanggil Walet

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin, Riana