logo


Selain Jadi Tanaman Hias, Begonia Juga Berkhasiat Obat

Tanaman begonia dapat dijadikan sayur dan obat demam, sipilis, sakit perut, dan obat luka

10 Maret 2016 16:15 WIB

Tanaman hias begonia. (Ist)
Tanaman hias begonia. (Ist)

BALI, JITUNEWS.COM - Tanaman begonia ternyata memiliki manfaat kesehatan di samping fungsi utamanya sebagai tanaman hias. Berkat manfaatnya itu, tanaman berbunga yang masuk dalam keluarga Begoniaceae dikembangkan oleh Kebun Raya Eka Karya Bedugul di Kabupaten Tabanan, Bali.

"Tanaman begonia sebenarnya banyak tumbuh di hutan tropis Indonesia, namun belum banyak yang mengetahui kegunaannya," kata seorang Peneliti Kebun Raya Eka Karya Bedugul, I Wayan Mudarsa.

Begonia sendiri pertama kali digunakan oleh seorang ahli botani Charler Plumier yang menemukan enam jenis tumbuhan itu di kepulauan Antiles pada tahun 1690. Nama begonia diambil dari nama Gubernur Santo Domingo yakni Michel Begon yang menjadi perintis dalam ekspedisi saat itu.


Ikuti Kaidah 4T + 1W dalam Mengonsumsi Obat Herbal

Tumbuhan yang hidup diketingian 2.400 m dpl ini 80 persen hidup di Indonesia. Sebagian besar merupakan tanaman langka yang saat ini ada 95 jenis dan 920 spesimen seperti yang dimiliki Kebun Raya Eka Karya Bedugul, Bali.

"Selain sebagai tanaman hias, begonia juga dapat dijadikan sayur dan obat demam, sipilis, sakit perut, obat luka dengan cara meremas batangnya sebelum ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit," ungkapnya.

Pohon begonia sangat baik sebagai obat karena mengandung saponin. Oleh sebab itu Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Kebun Raya Eka Karya melakukan penelitian dengan melibatkan para mahasiswa yang menggeluti bidang tersebut.

"Banyak hal yang diperoleh termasuk jumlah jenis tumbuhan Begonia yang paling bayak jusru dimiliki oleh flora Indonesia." ujar mahasiswa Fakultas Pertanian asal Yogjakarta, Anggraeni, yang sedang magang di Kebun Raya Bedugul.

Obati Gagal Ginjal dengan Daun Sukun

Halaman: 
Penulis : Aditya Wardhana, Riana
 
×
×