logo


Cara Jitu Melatih Ikan Cupang Layaknya Lumba-lumba

Sejatinya, terdapat beberapa cara sederhana agar ikan cupang bisa mengikuti instruksi pemiliknya

8 Maret 2016 17:33 WIB

Ikan cupang. (google)
Ikan cupang. (google)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Cupang atau juga dikenal dengan sebutan betta fish pasti sudah tak asing lagi di telinga para pecintanya. Ikan cantik yang memiliki sirip layaknya selendang ini menjadi buruan para hobiis untuk menghiasi aquarium.

Berkat kecantikannya, banyak negara yang menggelar kompetisi ikan cupang berskala internasional. Warna serta bentuk yang indah menjadi faktor penentu dalam sebuah kompetisi regional maupun internasional. 

Namun, ada juga yang lebih memperhatikan gerakan ikan ini. Karena itu, tidak jarang pencinta ikan cupang rela-rela melatih ikan kesangannya dengan trik-trik keren layaknya seekor lumba-lumba.


KKP Klaim Realisasi Kinerja Pembangunan Perikanan Budidaya Triwulan I Tahun 2017 Berjalan Positif

Sejatinya, terdapat beberapa cara sederhana agar ikan cupang bisa mengikuti instruksi pemiliknya. Ikan yang berada dalam aquarium diberikan gelang-gelang sebagai lintasannya. Ikan cupang akan diarahkan agar berenang melewati gelang-gelang tesebut.  

Menarik perhatian cupang dengan cara mengetuk-ngetuk dinding kaca aquarium dengan telunjuk menjadi satu-satunya cara untuk kemudian diarahkan dengan jari menuju gelang-gelang.

Setelah ikan berhasil masuk dalam lintasan, barulah dikasih makan sebagai imbalannya. Ulangi hal ini secara terus menurus sehingga menjadi satu hal yang biasa bagi cupang.

Wilayah Asia Masih Jadi Daya Tarik Ekspor Perikanan Bitung

Halaman: 
Penulis : Aditya Wardhana, Riana