logo


Dokter: Tak Harus Pakai Obat, Tifus Konsumsi Binahong Saja

Ekstrak daun binahong kini ada dalam bentuk kapsul, dan sudah mudah ditemui di toko-toko herbal

4 Maret 2016 18:18 WIB

Dokter spesialis penyakit dalam di Rumah Sakit dr. Sutomo Surabaya, Jawa Timur, dr. Arijanto Jonosewojo, SpPd. (Istimewa)
Dokter spesialis penyakit dalam di Rumah Sakit dr. Sutomo Surabaya, Jawa Timur, dr. Arijanto Jonosewojo, SpPd. (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Kemampuan daun binahong yang dapat menyembuhkan penyakit tifus dan radang usus disikapi positif oleh para dokter yang bergelut mengobati penyakit dalam. 

Dokter spesialis penyakit dalam di Rumah Sakit dr. Sutomo Surabaya, Jawa Timur, dr. Arijanto Jonosewojo, SpPd, menuturkan, penyakit tifus disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi yang penularannya melalui mulut.

“Bakteri itu membuat peradangan pada usus halus dengan gejalanya demam hingga 38,5 °C, tidak melulu mesti pakai obat buat ngobatinnya karena daun binahong memiliki kandungan bakterisida yang mampu mengobati penyakit itu. ” tutur dr. Arijanto.


Syarat Hidup Binahong, Simple!

Senada dengan dr. Arijanto, kendati bukan berasal dari disiplin ilmu kedokteran, Agung, pekebun tanaman obat sekaligus pemilik PSP Farm juga beranggapan demikian. Menurutnya, selain mampu mengobati tifus, daun binahong juga berkhasiat mencegah dan menyembuhkan penyakit kanker. Kandungan yang terdapat di daun binahong dinilai cukup banyak, diantaranya antioksidan, asam arkobat, total fenol, dan protein yang cukup tinggi.

“Binahong memiliki khasiat mencegah dan mengobati kanker, ia pun dapat menyembuhkan luka dalam seperti akibat pasca operasi,” ujar Agung.

Kini, untuk mengonsumsi daun binahong, penderita tifus tak perlu lagi repot meraciknya, berdasarkan pantauan JITUNEWS.COM, ekstrak daun binahong dalam bentuk kapsul sudah mudah ditemui di toko-toko herbal di Jakarta.

Seperti di toko herbal yang mengusung nama Pusat Herbal Rawamangun (PHR) dibilangan Jalan Pemuda, misalnya. Satu botol berisi 40 kapsul binahong dibanderol dengan harga Rp 45 ribu. Harga yang tidak jauh berbeda juga dibanderol di toko-toko herbal lainnya di sepanjang Jalan Pemuda Rawamangun, Jakarta Timur.

“Biasanya orang cari kapsul binahong untuk mengobati tifus,” ucap salah seorang penjual di toko herbal. 

Sedangkan ditempat asal daun binahong banyak tumbuh, yaitu Yogjakarta kapsul binahong masih sulit ditemukan. Yunus, salah seorang penjual obat herbal yang dihubungi JITUNEWS.COM mengatakan, untuk mendapatkan kapsul binahong setidaknya harus pesan dari jauh-jauh hari.

“Saya nggak ada stok, tapi kalau mau bisa pesen dulu,” pungkas Yunus.

 

Binahong Manjur Atasi Tifus

Halaman: 
Penulis : Aditya Kurniawan, Riana