logo


Syarat Hidup Binahong, Simple!

Binahong dapat tumbuh dimana saja asalkan menggunakan tanah yang gembur dan memenuhi unsur hara

4 Maret 2016 17:12 WIB

Tanaman binahong. (net)
Tanaman binahong. (net)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Sebagai tanaman herbal, syarat tumbuh binahong tak melulu harus di tempat tertutup dengan perhatian ekstra layaknya dalam sebuah greenhouse

Menurut Jati Sampurno, pehobi tanaman herbal sekaligus pemerhati tanaman obat, syarat tumbuh binahong tak muluk-muluk, ditanam di dalam pot pun ia dapat terus berkembang.

“Sebenarnya mudah sekali menanam binahong, cuma orang masih sedikit yang tahu tanaman ini, jadi masih sedikit yang mengembangkannya,” ujarnya.


Dokter: Tak Harus Pakai Obat, Tifus Konsumsi Binahong Saja

Jati menambahkan, binahong dapat tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi di ketinggian 0-1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sedangkan untuk jenis tanah yang cocok ialah tanah gembur, karena mengandung banyak senyawa organik yang dapat membantu menyuburkan tanaman. 

Untuk mendapatkan hasil maksimal, menurut Jati, binahong harus ditanam pada suhu lingkungan kisaran 20-38 °C dengan kelembaban udara 87% serta curah hujan yang harus mencukupi sepanjang tahun sebanyak 800 s/d 1.200 mm per tahun.

“Itu syarat lingkungan jika binahong ingin dikebunkan dalam skala besar,” tuturnya.

Hal senada juga dilontarkan Agung, pemilik PSP Farm yang fokus pada tanaman obat, menurutnya syarat hidup binahong tidak ribet dan perawatannya pun simple. 

Binahong dapat tumbuh dimana saja asalkan menggunakan tanah yang gembur dan memenuhi unsur hara. Hal yang perlu dilakukan adalah menyiapkan pupuk kandang dan pot sebagai media tanam.

“Pakai pupuk kandang biar tidak ada unsur kimiawi karena dapat merusak hara, apalagi ini kan tanaman obat untuk konsumsi. Lebih baik pakai pupuk kandang,” pungkas Agung.

 

Herba yang Bisa Hidupkan Orang Mati Ini Kian Diburu di Negeri Asalnya

Halaman: 
Penulis : Aditya Kurniawan, Riana
 
×
×