logo


Akhir Maret, UMKM Bisa Bikin PT Tanpa Modal Rp50 Juta

Pemerintah akan menghapus aturan batas minimum modal bagi pembentukan PT

4 Maret 2016 16:48 WIB

Menko Perekonomian, Darmin Nasution. (Istimewa)
Menko Perekonomian, Darmin Nasution. (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan bahwa akan menghapus aturan batas minimal modal bagi pembentukan Perseroan Terbatas (PT) bagi UMKM.

"Iya, hanya untuk UMKM. Itu kan, itu untuk kemudahan berusaha," kata Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution di kantornya, Jumat (4/3).

Apabila sebelumnya pemerintah mensyaratkan modal minimum sebesar Rp50 juta untuk pendirian PT, kini aturan tersebut tidak berlaku bagi pelaku UMKM. Namun, aturan ini hanya akan berlaku bagi pelaku UMKM.


Para Menteri Ekonomi ASEAN Lakukan Roadshow ke Jepang

Kebijakan ini, lanjut Darmin, nantinya akan dapat dinikmati oleh UMKM pada akhir Maret. Kebijakan ini pun akan dilegalisasi dalam bentuk Peraturan Pemerintah (PP).

"Itu ya nanti diumumkan dulu, memang belum waktunya diumumkan. (Dapat dimanfaatkan oleh UMKM) akhir bulanlah," tegas Darmin.

Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H Laoly mengatakan bahwa draf PP terkait penghapusan aturan batas modal pendirian PP bagi UMKM ini telah ditandatangani. Sehingga, dalam waktu dekat aturan ini akan segera dapat diumumkan oleh pemerintah.

"Dari Kementerian Hukum dan HAM Sudah Beres, yaitu tentang modal. Jadi pendirian PT dengan modal ini sudah kita hapus," imbuh Yasonna, pada Kamis (3/3) lalu.

|berbagai sumber| 

 

 

Perundingan Review BTA RI-Malaysia Alami Kemajuan

Halaman: 
Penulis : Tommy Ismaya