logo


Pemerintah Harus Tuntaskan Masalah Produksi Teh Nasional

Pasalnya, masih ada sejumlah kendala yang dihadapi para petani dalam mengembangkan produknya.

4 Maret 2016 15:09 WIB

Ilustrasi. (net)
Ilustrasi. (net)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Hingga saat ini, produksi teh nasional masih belum begitu maksimal. Pasalnya, masih ada sejumlah kendala yang dihadapi para petani teh dalam mengembangkan hasil produksi tehnya.

Ketua penyelenggara acara Festival Teh dan Madu Indonesia, Christopher Emille Jayanata mengungkapkan, menurunnya produktivitas teh  Indonesia dewasa ini lebih dikarenakan beberapa faktor, salah satunya masalah benih unggul.

"Karena dominannya tanaman teh rakyat yang belum menggunakan benih  unggul menjadi salah satu persoalan yang juga berdampak pada menurunnya volume produksi teh nasional," ungkap Emille saat di hubungi Jitunews.com, Jakarta, Jum'at (4/3).


Penyumbang Terbesar Penanaman Modal Dalam Negeri, Investasi Sektor Pangan Minim

Selain itu, menurut Emille, keterbatasan dalam penguasaan teknologi pengolahan produk dan belum mampunya petani mengikuti teknologi perkembangan teknologi juga menjadi salah satu persoalan belum bisa bersaingnya produk teh nasional.

Emille menyebutkan, upaya untuk meningkatkan kembali peran teh, baik di pasar domestik maupun di pasar internasional, yakni dengan menyelesaikan masalah-masalah teh di dalam negeri terlebih dahulu.

Di samping itu, Emil juga menambahkan, iklim usaha yang kondusif juga menjadi poin penting yang harus diperhatikan Pemerintah agar para pelaku usaha di sektor teh dapat melakukan inovasi teknologi dan diversifikasi produk.

"Dengan demikian, para pelaku usaha teh nasional akan mampu menghasilkan produk teh dalam jumlah dan kualitas yang sesuai  dengan kebutuhan pasar, baik pasar domestik maupun internasional," tutupnya.

Pertamina Dukung Ibu-ibu Bikin PUB'G

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Deni Muhtarudin