logo


Mengetahui Jenis dan Ragam Penyakit Akibat Kotoran Burung

Histoplasmosis merupakan penyakit pernapasan yang menyerang manusia berasal dari jamur yang tumbuh di kotoran burung kering

3 Maret 2016 18:35 WIB

Ilustrasi, tentara kejatuhan kotoran burung. (net)
Ilustrasi, tentara kejatuhan kotoran burung. (net)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Merpati adalah salah satu unggas peliharaan yang banyak diminati masyarakat Indonesia. Namun ketika Anda memelihara merpati, Anda haruslah berhati-hati, sebab faktanya kotoran burung mampu menyebabkan bakteri dan virus masuk ke tubuh Anda, terlebih dari udara yang dihirup manusia.

Dikutip Medical News Today, terdapat sejumlah penyakit yang dapat menyerang kesehatan tubuh manusia akibat kotoran dari burung, khususnya jenis burung merpati, jalak, dan angsa. Apa saja? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Histoplasmosis. Penyakit pernapasan yang menyerang manusia berasal dari jamur yang tumbuh di kotoran burung kering. 


Unik, Tim Mahasiswa Ini Ciptakan Parfum dari Feses Domba!

Kandidiasis. Infeksi jamur atau jamur yang disebarkan oleh jenis burung merpati. Penyakit ini dapat mempengaruhi kesehatan kulit, mulut, sistem pernapasan, usus, hingga saluran urogenital, terutama vagina. Penyakit ini rentan menyerang wanita dengan gejala gatal dan nyeri

Kriptokokosis. Jenis penyakit dari burung ini disebabkan oleh ragi yang berasal dari saluran usus merpati dan burung jalak. Penyakit ini biasanya diawali dengan menyerang paru-paru terlebih dahulu, kemudian selanjutnya mempengaruhi sistem saraf pusat.

Salmonellosis. Jenis bakteri ini berasal dari burung merpati, burung jalak dan burung pipit. Bakteri pada penyakit ini ditemukan dalam kotoran burung yang berada pada debu dari kotoran sehingga dapat terkontaminasi melalui ventilator dan AC yang mencemari permukaan makanan di restoran, rumah, juga pabrik pengolah makanan.

E.coli. Ketika burung mematuk kotoran sapi yang terkandung bakteri E. coli di dalamnya, maka kotoran burung yang terjatuh pada makanan atau melalui udara dapat membawa langsung penyakit ke tubuh manusia.

Tetap waspada ya!

Wow, Ternyata Anjing Dapat Mengendus Kanker Lho!

Halaman: 
Penulis : Aditya Wardhana, Riana