logo


Ahli Durian: Bentang Alam Jadi Kunci Utama Penentu Kualitas Buah

Kondisi kebun durian yang berada di lahan miring lebih berpeluang menghasilkan durian yang lebih nikmat

3 Maret 2016 16:44 WIB

Kebun buah durian. (net)
Kebun buah durian. (net)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Bisa menghasilkan durian bercitarasa nikmat merupakan dambaan bagi setiap petani durian, apalagi cara yang ditempuh tidak melibatkan pupuk atau bahan-bahan kimia sehingga rasa manis durian tercipta dari proses yang alami. 

Menurut ahli durian dari Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Lutfi Bansir SP MS, bentang alam dan kondisi geografis kebun durian merupakan faktor utama penentu kualitas dan rasa si raja buah.

Lanjut Lutfi, kondisi kebun durian yang berada di lahan miring lebih berpeluang menghasilkan durian yang lebih nikmat ketimbang kebun durian yang berada di lahan datar.


Tips Jitu Membawa Durian di Pesawat

“Pada lahan miring, ketika sedang musim hujan air tidak akan menggenangi pohon dalam waktu lama karena langsung mengalir ke daerah yang lebih rendah. Dengan begitu rasa durian tidak akan berpengaruh pada musim hujan, nikmatnya tidak terganggu musim,” kata Dekan Fakultas Pertanian  Universitas Kalimantan Utara itu.

Seperti diketahui bersama, kandungan air berlebih pada tanah dapat mengganggu akar pohon durian sehingga akan mempengaruhi rasa buah. Lutfi menambahkan kini kebun-kebun durian di Malaysia pengembangannya juga menyasar lahan-lahan miring demi mengurangi kadar air pada akar pohon.

“Selain ideal ungtuk menghasilkan durian berkualitas, juga berperan mencegah bencana longsor di lahan-lahan miring,” ujar doktor Alumnus Universitas Brawijaya itu.

Di Tanah Air, kebun durian yang berada di lahan miring masih dapat dihitung dengan jari, salah satunya kebun durian yang tersebar di Kabupaten Serang Banten. Tak pelak durian asal Indonesia pun terkadang masih dianggap anak bawang oleh durian-durian unggul negara tetangga.

Lokasi kebun durian yang berdekatan dengan laut juga turut menambah cita rasa buah. Kebun durian seperti itu jamak ditemukan di Pulau Pinang Malaysia. Durian-durian yang dihasilkan dari wilayang Pinang Malaysia terkenal memiliki rasa yang istimewa.

Lutfi menduga hal itu dapat terjadi karena angin laut yang membawa kandungan garam dan mineral dari laut dapat memberi rasa gurih dan memperbaiki warna pada durian yang dihasilkan.

“Kalau disini kan kebun durian rata-rata adanya di pedalaman atau di pelosok, maka jangan heran kalau durian negri sebrang kadang lebih enak,” pungkas Lutfi.

 

Kisah di Balik Nama Durian Ripto Asal Trenggalek  

Halaman: 
Penulis : Aditya Kurniawan, Riana