logo


Menteri Amran Optimis Naiknya Produksi Beras Bakal Tekan Harga Pangan

Mentan menegaskan bahwa ketersediaan beras pada saat ini sangat tidak terlepas dari kerja keras semua pihak

3 Maret 2016 12:10 WIB

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. (Istimewa)
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Pertanian (Kementan) meyakini bahwa produksi beras yang ada saat ini pemerintah masih bisa melakukan pengendalian harga di masyarakat.

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman, Kamis (3/3), mengatakan bahwa naiknya produksi beras pada saat ini akan mampu menekan harga beras di pasar.

"Saat ini hasil produksi kita cukup hal ini dibuktikan dengan tersedianya beras di pasar-pasar induk, yang mana untuk pasokannya pada saat ini bisa mencapai 2 kali lipat dari bulan yang sama di tahun lalu," demikian kata Mentan Amran Sulaiman, Kamis(3/3).


Kementan: Pupuk 2020 Cukup

Lebih lanjut, Mentan menegaskan bahwa ketersediaan beras pada saat ini sangat tidak terlepas dari kerja keras semua pihak, baik pemerintah maupun para petani.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan meyakini bahwa langkah pemerintah dalam menahan laju impor merupakan langkah tepat untuk mensukseskan program swasembada pangan.

Dari data yang telah dirilis pihak Kementan untuk target produksi tahun 2016 menunjukkan adanya rasa optimis pemerintah akan ada peningkatan produksi di tahun depan.

Untuk tahun 2016 Kementan menetapkan sasaran produksi sebesar 76.226.000 ton, naik dari tahun 2015 sebesar 75.361.248 ton. Pasalnya perkiraan naiknya produksi tersebut didasarkan pada upaya pemerintah memperluas area tanam di tahun 2015 sebesar 14.314.742 hektar, naik dari tahun lalu 14.115.475 hektar dari tahun 2014.

Mentan Syahrul Operasi Pasar Bawang Putih dan Cabai di Solo

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Vicky Anggriawan