logo


Indonesia Masih Belum Punya Jagoan Ikan

3 Oktober 2014 11:27 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sangat memprihatinkan, Indonesia dengan hasil laut yang melimpah ternyata belum memiliki produk ikan yang menjadi jagoan di dunia internasional.

Tengok saja China mengandalkan jagoannya ikan mas, Vietnam dengan jagoannya ikan patin, Thailand dengan jagoannya udang dan Jepang dengan ikan sidat sebagai jagoannya.

Sekretaris Jenderal Masyarakat Akuakultur Indonesia (MAI) Agung Sudaryono mengatakan, Indonesia yang hanya punya dua musim yaitu penghujan dan kemarau saja bisa kalah dengan China yang punya empat musim."Tapi kenapa produksi perikanan Indonesia masih jauh dibandingkan denganTiongkok," katanya.


Wow Ada Pepes Ikan Nuklir?

Menurutnya, Indonesia memiliki 1,1 juta hektar lahan tambak yang produktif. Sayang baru separuhnya saja yang dimanfaatkan. Padahal, jika lahan tersebut bisa dimanfaatkan maka akan memberikan hasil maksimal.

Tak hanya itu, Indonesia yang kaya akan potensi perikanannya tidak diimbangi dengan pakan. "Dalam usaha budidaya ikan, 60-70% pengeluaran produksi itu untuk pakan. Akan tetapi industri pakannya kekurangan bahan baku lantaran impor. Harusnya potensi itu bisa dimanfaatkan dengan investasi pabrik pakan," tuturnya. (Riana)

Petani Sawit Dihimbau Beli Bibit Bersertifikat

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin,