logo


Mengintip Hijaunya Kebun Hidroponik di Rusun Marunda

Berkebun dengan memanfaatkan lahan rusun ini dinilai bisa menyejahterakan ekonomi para penghuni rusun

2 Maret 2016 18:19 WIB

Kebun Hidroponik. (Istimewa)
Kebun Hidroponik. (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Bidang usaha di rumah susun (rusun) tidak melulu seputar perdagangan, tengok saja rusun Marunda yang warganya lebih mengandalkan kebun hidroponik untuk bertahan hidup.

Rabu siang (2/3),  suara gunting yang beradu dengan batang tanaman sawi terdengar nyaring di telinga. Dari patauan JITUNEWS.COM, terlihat sesosok pria yang diketahui bernama Agus Harianto nampak dengan telaten menaruh batang-batang sawi yang sebagian telah layu di wadah plastik untuk dibuang.

“Kalau dibiarin, yang layu ini tetap menyerap nutrisi dan air, jadi yang lain bisa terganggu,” ucap Agus.


Ini Penyebab Sayuran Organik Berbentuk ‘Tak Sempurna’

Dengan menggunakan greenhouse, Agus dan 10 anggota kelompok tani rusun Marunda yang telah berdiri sejak 3 tahun lalu itu menamam berbagai macam sayuran antara lain kol, salada, sawi dan pakcoi dengan sistem hidroponik, yakni dengan memanfaatkan paralon di lahan sempit di samping rumah susun. Dengan penataan yang apik, hamparan sayur hijau itu terlihat menyejukan dipandang mata.

Setiap pekannya, Agus dapat memanen sekitar 200 kilogram  sayur. Pada pekan sebelumnya kelompok ini berhasil memanen sawi manis dan sawi mecin 157 kilogram dan salada sebanyak 6 kilogram. 

Sayur mayur itu kemudian lantas dijual dengan harga Rp 10-15 ribu per kilogram. Hasil penjualan sayur tersebut pun digunakan untuk dana kelompok dan dibagikan kepada anggota.

“Kami kerja sama dengan Dinas UMKM untuk pengadaan bibit hingga pembelian,” ujar Agus.

Sementara itu, menurut Sekretaris Kelompok Tani Marunda, Sudiono, berkebun dengan memanfaatkan lahan rusun ini dinilai bisa menyejahterakan ekonomi para penghuni rusun. Lanjutnya, jika terus dikembangkan, bukan tak mungkin nantinya warga rusun akan lebih sejahtera. 

“Jika dikelola lebih baik lagi tentu akan terus berkembang dan menyejahterakan warga rusun ya. Jadi, selama ada lokasi, kemauan, juga ada inisiatif, banyak yang bisa dikerjakan di rusun dan semuanya pasti baik. Selain sayuran, di sini juga nanti akan dikembangkan kolam ikan,” pungkas Sudiono.

Raup Untung Hingga Rp 5 Juta dari Pepaya California

Halaman: 
Penulis : Aditya Kurniawan, Riana