logo


Datang ke Indonesia, Petani Palestina Belajar Teknik Hidroponik

Tenaga ahli pertanian Indonesia juga dikirim ke luar negeri

1 Maret 2016 15:02 WIB

Pertanian hidroponik. (Istimewa)
Pertanian hidroponik. (Istimewa)

BANDUNG, JITUNEWS.COM- Sebagai lanjutan program kerjasama pelatihan pertanian Selatan-Selatan yang bergulir sejak 1980, puluhan petani dan pejabat otoritas pertanian Palestina belajar teknik hidroponik di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. 

"Ada 20 peserta dari Palestina yang mengikuti pelatihan selama 20 hari di BBPP Lembang. Pelatihan ini fokus pada teknik hidroponik dan kemasan," kata Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Kementerian Pertanian, Surachman Suwardi, dikutip antara, Selasa (1/3).

Para peserta ditangani oleh instruktur dari Balai Besar Pelatihan Pertanian dalam kegiatan teori, praktik lapangan, kunjungan ke lokasi penelitian hidroponik, serta ke balai kemasan di Lembang Kabupaten Bandung Barat.


Ini Penyebab Sayuran Organik Berbentuk ‘Tak Sempurna’

Menurut Surachman, para peserta cukup antusias mengikuti program yang dipandu oleh penerjemah. Selain mendapat penjelasan pengembangan pertanian hortikultura, peserta juga mendapat pengetahuan agrobisnis di sejumlah daerah di Indonesia, khususnya di Lembang.

"Selain menggelar pelatihan di Indonesia, kami juga mengirim tenaga ahli pertanian ke luar negeri seperti Madagaskar, Timor Leste, Tanzania dan Fiji," tukas Surachman.

Raup Untung Hingga Rp 5 Juta dari Pepaya California

Halaman: 
Penulis : Christophorus Aji Saputro