logo


Produksi Beras Nasional Februari 2016 Capai 5 Juta Ton

Menteri Pertanian menargetkan produksi gabah kering giling nasional 2016 capai 76,226 juta ton

29 Februari 2016 13:59 WIB

Ilustrasi petani. (dok. jitunews/Latiko A.D)
Ilustrasi petani. (dok. jitunews/Latiko A.D)

SUMSEL, JITUNEWS.COM- Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, menargetkan, produksi gabah kering giling (GKG) nasional 2016 mencapai 76,226 juta ton. Sedangkan di akhir Februari ini, ungkap Amran, produksi beras nasional mencapai 5 juta ton.  

Target capaian tersebut sepenuhnya akan dibuktikan dalam acara panen raya yang akan dilakukan serempak di seluruh wilayah Indonesia pada Maret-April mendatang. 

"Target capaian awal untuk Maret dan April bisa mencapai 14,52 juta ton beras," kata Amran, dalam keterangan tertulis yang diterima jitunews, Senin(29/2).


Produksi Beras Menurun, DPR RI Dorong Kementan untuk Lakukan Kajian dan Cari Solusi

Untuk menggapai target tersebut, Kementerian Pertanian (Kementan) akan melakukan beberapa upaya dari hulu hingga hilir. Seperti memperbaiki infrastruktur, bantuan benih gratis sebanyak 116.500 ton, subsidi pupuk 9,55 juta ton, serta bantuan alat dan mesin pertanian kepada petani.

Sementara itu, untuk memperpendek rantai pasok pangan, Kementan telah membangun 1.000 Toko Tani Indonesia. Kementan juga telah melakukan perbaikan sistem penggilingan padi diantaranya program revitalisasi Penggilingan Padi Kecil untuk meningkatkan rendemen giling sebesar 5 persen.

“Untuk program 1.000 toko tani akan terus akan berlanjut secara bertahap hingga 2019,” pungkas Amran.

Untuk diketahui, hari ini, Senin (29/2), telah berlangsung panen raya padi di Desa Telang Rejo, Kecamatan Muara Telang, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera selatan.

Buwas Ungkap Kejahatan Bantuan Pangan Non-Tunai

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Christophorus Aji Saputro