logo


Kiat Merawat Lidah Mertua Agar Tetap Menawan di Musim Penghujan

Jika musim penghujan sebaiknya jangan siram tanaman ini karena bisa menyebabkan busuk akar

29 Februari 2016 17:35 WIB

Sansevieria atau Lidah mertua. (net)
Sansevieria atau Lidah mertua. (net)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Tanaman yang menjulur keatas dan memiliki nama “seram” yang terkadang di takuti oleh para menantu ini, memang sudah tidak asing untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Yap. si sukulen yang memiliki daun keras dengan ujungnya yang meruncing ini bernama Sansevieria atau Lidah mertua.

Tanaman yang memiliki keistimewaan yang mampu menyerap berbagai kandungan zat berbahaya seperti  karbondioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene ini memang difungsikan sebagai tanaman pembersih udara dan kerap ditempatkan diruangan indoor.

Di Jepang malahan Sansevieria dimanfaatkan untuk membersihkan ruangan dari aroma perabotan rumah tangga yang kurang sedap dengan cara di potong kecil-kecil dan di taruh dibeberapa sudut rumah. Tak hanya itu, konon tanaman ini juga kerap digunakan untuk pengobatan wasir, diabetes sampai kanker ganas lho. Wow!


Klik! Tanaman Hias Penyerap Racun di Dalam Rumah

Dengan beragam keistimewaannya tersebut, tak heran bukan para penghobi tanaman hias begitu menyayangi tanaman ini agar selalu tumbuh sehat dan subur. Tetapi bagi Anda yang sudah pernah menanam tanaman ini, namun belum mendapatkan tanaman Sansevieria  Anda tumbuh subur atau bahkan cenderung kering sepertinya ada yang salah dari cara perawatannya. Hmmm..coba di pikir-pikir lagi deh?

Ternyata bocoran dari salah satu pedagang tanaman hias bernama Warno yang memiliki lapak bernama Trimbis Taman Indah yang berlokasi di Pancoran, Jakarta Selatan ini menuturkan kepada Jitunews.com kalau perawatan Sansevieira ternyata tidak sesulit yang dibayangkan.

“Untuk merawat (lidah mertua) gampang kok, soalnya tanaman ini biasa disimpan di dalam ruangan dan bisa tumbuh meski kurang sedikit air dan sinar matahari. Pokoknya tahan bantinglah,” ungkapnya

Ia pun melanjutkan bahwa perawatan tanaman ini hanya cukup di siram sehari sekali pada saat cuaca panas dengan pancaran sinar matahari yang terik, jika sedang musim penghujan sebaiknya jangan disiram karena bisa lembab dan menyebabkan busuk akar.

“Seminggu sekali dijemur, biar warnanya juga enggak pudar soalnya Sansevieria  merupakan tanaman hias yang harus mendapatkan sinar matahari yang cukup,” tutupnya.

Ternyata Hewan 'Penghisap Darah' Manusia Ini Takut dengan Bunga Mungil yang Indah

Halaman: 
Penulis : Hartati, Agung Rahmadsyah