logo


Air Limbah Bisa Jadi Energi Terbarukan

Dua peneliti dari Virginia Tech telah menemukan cara merubah air limbah tersebut

26 Februari 2016 09:41 WIB

Ilustrasi Air Limbah (ISTIMEWA)
Ilustrasi Air Limbah (ISTIMEWA)

Pabrik pengolahan kini dapat memanfaatkan metana dari padatan dalam limbah, sehingga memungkinkan kota-kota seperti Grand Junction, Colorado, dapat menghasilkan energi. Pabrik-pabrik tersebut mengambil 8 juta galon air limbah, dan merupakan kota pertama di Amerika yang menggunakan bahan bakar dari kotoran manusia.

Penelitian ini juga mencakup pekerjaan dengan unsur-unsur gas, khususnya amonia. Pada air limbah, amonia adalah polutan. Jika terlalu banyak dibuang ke aliran sungai, amonia akan memberi makan ganggang berbahaya yang dapat merusak ekosistem perairan.

Mohan Qin, seorang mahasiswa doktoral tahun kedua di laboratorium He, telah membangun sebuah sistem yang memulihkan amonia dan menghilangkan kontaminan lainnya sementara menghasilkan listrik pada saat yang sama. Ini adalah pertama kalinya bahwa osmosis yang didorong amonia telah digabungkan dengan sel elektrokimia mikroba penghasil amonia, kata Qin.


SPBU Disegel karena Curang, Pengamat: Kasus Ini Bukan Hal Baru, Bahkan…

Ide tersebut memberikan Qin “2015 Innovation Award for Best Technological Advancement” dari International Society for Microbial Electrochemistry and Technology.

Hasil karya ini mendorong pengembangan lebih lanjut sel bahan bakar mikroba, khususnya sistem scaling up. Lab milik HE saat ini mengoperasikan sistem sel bahan bakar mikroba 200-L di sebuah pabrik pengolahan air limbah setempat untuk mengevaluasi kinerja jangka panjang dengan limbah yang sebenarnya.

Untuk saat ini, bagaimanapun, Feng dan He tidak hanya memberikan air limbah sorotan utama, mereka juga memastikan bahwa apakah amonia atau sampah organik yang menghasilkan energi dari air limbah merupakan bagian dari sebuah gerakan peduli lingkungan.

2019, Produsen Solar Panel JSKY Genjot Penjualan di Pasar Domestik dan Global

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin