logo


Air Limbah Bisa Jadi Energi Terbarukan

Dua peneliti dari Virginia Tech telah menemukan cara merubah air limbah tersebut

26 Februari 2016 09:41 WIB

Ilustrasi Air Limbah (ISTIMEWA)
Ilustrasi Air Limbah (ISTIMEWA)

Feng mengatakan, hal ini dapat memberikan inspirasi masyarakat dunia untuk membuat pusat pengolahan air limbah mandiri. "Ini adalah langkah menuju tren yang berkembang untuk membuat pusat-pusat pengolahan air limbah mandiri pada energi yang mereka gunakan,” katanya.

Penemuan ini penting karena tidak semua materi organik melakukan pekerjaan yang sama dengan cara yang sama. Beberapa bekerja karena mereka adalah makanan bagi bakteri yang menghasilkan listrik, sementara yang lain baik dalam menjalankan energi.

Sementara satu substrat utama yang dikenal sebagai laktat dimetabolisme oleh bakteri inangnya dipakai untuk mendukung pertumbuhan sel. Substrat lain yang dikenal sebagai format, adalah dioksidasi untuk melepaskan elektron untuk menghasilkan listrik yang lebih tinggi.


SPBU Disegel karena Curang, Pengamat: Kasus Ini Bukan Hal Baru, Bahkan…

Tim menemukan bahwa ketika dua substrat ini digabungkan, output energi jauh lebih besar daripada ketika bekerja secara terpisah. Substrat organik tersebut bekerjasama secara erat dengan reseptor dalam sel bahan bakar, sementara penelitian menggunakan sel bahan bakar mikroba bukanlah hal baru. Namun, jenis bahan organik yang Feng dan He gunakan merupakan sesuatu yang baru untuk menghasilkan listrik, karena mereka dapat mengukur sifat simbiosis dari dua organik tertentu.

Metodologi yang unik tersebut memungkinkan mereka untuk melacak jalur metabolisme dari strain bakteri yang berbeda, yang disebut karbon 13 analisis jalur. Metode pelabelan isotop ini merupakan yang pertama kalinya digunakan untuk mengukur metabolisme mikroba. Analisis ini bekerja dengan menciptakan isotop non-radioaktif pada kelompok karbon yang terlihat melalui spektrometri massa.

Memanfaatkan energi dari air limbah merupakan hal keberlanjutan, yang bahkan pembangkit di perkotaan seperti fasilitas pengolahan air limbah di Washington DC telah mengadopsinya. Memanen energi dari bakteri menggunakan sel bahan bakar mikroba bukan satu-satunya cara yang dilihat peneliti untuk menghasilkan energi dari limbah.

2019, Produsen Solar Panel JSKY Genjot Penjualan di Pasar Domestik dan Global

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin