logo


Air Limbah Bisa Jadi Energi Terbarukan

Dua peneliti dari Virginia Tech telah menemukan cara merubah air limbah tersebut

26 Februari 2016 09:41 WIB

Ilustrasi Air Limbah (ISTIMEWA)
Ilustrasi Air Limbah (ISTIMEWA)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Apakah anda percaya jika limbah toilet bisa dijadikan energi listrik? Anda harus percaya, karena dua peneliti dari Virginia Tech telah menemukan cara untuk memaksimalkan jumlah listrik yang dapat dihasilkan dari limbah toilet.

Suatu artikel yang baru-baru ini diterbitkan di Scientific Reports, merincikan temuan mereka untuk menangkap energi dari limbah yang ada, sehingga berpotensi membuat fasilitas pengolahan lebih hemat energi.

Adalah Xueyang Feng dan Jason He yang melakukan penelitian tersebut. Feng sendiri berasal dari College of Agriculture and Life Sciences and the College of Engineering. Sedangkan He adalah seorang profesor teknik lingkungan di College of Engineering.


SPBU Disegel karena Curang, Pengamat: Kasus Ini Bukan Hal Baru, Bahkan…

Mereka menelusuri bakteri dan menemukan bahwa hubungan kerja antara dua substrat tertentu menghasilkan lebih banyak energi daripada dilakukan secara terpisah. Karya ini akan membantu mengungkap misteri mengenai bagaimana bakteri yang aktif secara elektrokimia menciptakan energi. Ini dapat membantu dalam pengembangan sistem perlakuan baru yang disebut sel bahan bakar mikroba.

"Menelusuri bakteri tersebut memberi kami bagian utama dari teka-teki untuk mulai menghasilkan listrik secara berkelanjutan," ungkap Xueyang Feng seperti dilansir Virginia Tech, Virginia, Amerika Serikat, Jum'at (26/02).

2019, Produsen Solar Panel JSKY Genjot Penjualan di Pasar Domestik dan Global

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin