logo


Yuk Intip Serunya Kegiatan Penggemar Si Kumis...

29 September 2014 03:09 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tidak cuman gemar menyantap si kumis, tapi komunitas ini juga aktif cari tahu bagaimana budidaya si kumis tersebut. Karena bagi para penggemarnya mengulik soal si kumis ini adalah hobi yang menyenangkan dan bisa membuat lupa waktu.

Mereka inilah yang tergabung dalam komunitas penggemar ikan lele. Namun bukan sembarang ikan lele lho, tapi ikan lele spesies sangkuriang.

Bukan tanpa alasan kenapa mereka memilih lele sangkuriang ini. Lele sangkuriang dipilih  karena termasuk bibit unggul dan punya daya tahan tubuh yang kuat sehingga tidak mudah mati. Lele ini lahir dari perkawinan silang lele dumbo muda dengan lele dumbo tua. Dan yang terpenting lagi lele ini cocok dibudidayakan di Bogor, tempat dimana mayoritas anggota ini tinggal.


Gak Punya Kebun buat Salurkan Hobi? Yuk Gabung Komunitas Ini...

Sekali bertelur, lele ini mampu menghasilkan 20 ribu benih ikan. Sedangkan pembesarannya sendiri membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Lele sangkuriang merupakan Strain baru lele dumbo yang kehadirannya merupakan upaya memperbaiki produktivitas lele dumbo yang dirasakan mengalami penurunan.

Anda tertari bergabung dalam komunitas ini? Silahkan saja datang langsung ke Jalan Cikopo Selatan Desa Gadog, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor. Disana anda dapat belajar bagaimana cara jitu beternak ikan lele yang baik.

Sesampainya disana, jangan heran jika lokasi pembudidayaan lele terlihat ramai, pasalnya tiap harinya berduyun-duyun masyarakat baik dari kalangan mahasiswa hingga wartawan yang mulai belajar menjadi pengusaha budidaya ikan lele. Disana, para petani ikan lele membuat komunitas peternak lele sangkuriang, komunitas itu akan siap membantu anda dan membagi ilmu bagaimana cara budidaya ikan lele yang baik.

Komunitas ini terbentuk sejak 2000. Alasannya dari keprihatinan banyak petani lele gulung tikar karena ikannya mati akibat penyakit sejak pembenihan. Akhirnya pengusaha lele membuat wadah atau komunitas yang bertujuan memberikan pelatihan bagaimana membudidayakan lele sesuai iklim Bogor.

Secara umum, Lele adalah satu jenis ikan yang mampu hidup di air yang kandungan oksigennya tipis, bahkan ikan yang terkenal karena memiliki kemampuan mematil juga dapat hidup di comberan, tempat limbah rumah tangga (MCK) dan rawa-rawa yang sudah hampir kering asalkan tempat itu memiliki kandungan air yang cukup, lendir di tubuh ikan Lele masih terjaga baik.


Vicky Anggriawan

Ayam Bak Model Berharga Ratusan Juta

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan, Vicky Anggriawan