logo


Gak Punya Kebun buat Salurkan Hobi? Yuk Gabung Komunitas Ini...

29 September 2014 02:42 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Berkebun itu hobi yang mengasikkan. Bagaimana tidak! Kita bisa menyalurkan kesenangan menanam tumbuhan sesuai  selera kita. Bisa menanam aneka herbal, aneka buah, aneka sayur sampai aneka tanaman hias.

Semua bisa dilakukan asal punya halaman yang cukup luas. Nah, masalahnya bagaimana kalau berkebun itu di tengah kota? Tentu tidak mudah pasalnya lahannya saja sempit. Apalagi yang tinggal di apartemen pasti tidak akan punya lahan.

Karena itulah, Walikota Bandung, Ridwan Kamil,  mmelihat keprihatinan ini lalu berinisiatif membentuk komunitas Indonesia Berkebun. Kali ini konsep yang diusung Ridwan agak  sedikit unik. Dia mencari lahan-lahan milik pemerintah yang kosong untuk kemudian ditanami tumbuhan. Jadi rupanya Ridwan ini berusaha membuat banyak kebun di tengah kota.


Yuk Intip Serunya Kegiatan Penggemar Si Kumis...

Ide yang brilian bukan?! Nah, untuk mewujudkan gagasan itu, dia mengajak para follower twitternya untuk turun gunung menanam tumbuhan.

"Kami memulai gerakan berkebun ini melalui dunia maya. Awalnya hanya karena saya tergerak untuk menciptakan lahan hijau yang lebih banyak lagi di perkotaan. Ternyata hal ini mendapat sambutan positif dari orang-orang sekitar," seperti di kutip Jitunews dari IDberkebun beberapa waktu silam.

Berkat keseriusan Kang Ridwan serta kesadaran masyarakat perkotaan, kini Komunitas Indonesia berkebun telah tersebar di 30 kota di Indonesia dan di 8 kampus, selain itu Indonesia Berkebun juga sering menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti 'Aksi hijau di tengah kota', dan Gardening class di Kebun Jeruk.

Dalam perjalanannya, saat ini anggota Komunitas Indonesia Berkebun terdiri dari orang-orang yang berasal dari berbagai profesi yang prihatin terhadap rusaknya lingkungan akibat pembuangan sampah dan limbah yang sembarangan, menurunnya kualitas kota baik secara estetika, kurangnya ruangan hijau, dan ruang publik terutama untuk anak-anak bermain, serta ancaman krisis sumber makanan di masa depan.

Indonesia berkebun juga telah menyabet beberapa penghargaan karena kiprahnya menyebarkan energi positif di kalangan masyarakat perkotaan, penghargaan yang telah diperolehnya diantaranya Google Asia Pacific untuk kategori Web-Heroes pada tahun 2011, Inspiring Movement for Environment 2013 dari Nutrifood, Finalist Ashoka Changemakers 2013 dan apresiasi-apresiasi lainnya baik dari media nasional hingga internasional.

 

 

Ayam Bak Model Berharga Ratusan Juta

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan, Vicky Anggriawan