logo


Berburu Cupang ke Sentra Slipi Jakarta

7 Oktober 2014 14:05 WIB

Ikan Cupang yang dijual di Sentra Ikan Cupang, Slipi, Palmerah, Jakarta Barat. (Johdan/Jitunews)
Ikan Cupang yang dijual di Sentra Ikan Cupang, Slipi, Palmerah, Jakarta Barat. (Johdan/Jitunews)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anda penggemar berat ikan hias cupang ? Silakan datang dan berburu di sentra ikan cupang hias Slipi, Jakarta Barat. Letaknya persis di Jalan KS Tubun III Dalam RT 001/04 No 39.

Sentra penjualan ikan cupang ini konon merupakan yang terbesar di Asia Tenggara. Bagaimana tidak, lahannya aja luasnya 800 meter persegi. Ditambah lagi jumlah koleksinya mencapai 6000 ekor cupang dari berbagai spesies dan tingkatan.

Malah itu belum enam spesies baru cupang yang mau diklasifikasikan lagi. Misalnya saja ada cupang serit, berwarna dasar terang, warna gelap, warna hitam, warna kombinasi, warna bebas, warna maskop, dasar merah, warna cooper. Lalu, Halfmooon, yaitu warna dasar merah, warna dasar terang, warna dasar gelap, warna kombinasi, warna bebas terang, warna bebas gelap, warna cooper hitam, warna marble, dan dragon.


Yuk Intip Serunya Kegiatan Penggemar Si Kumis...

Di sentra cupang ini, para penjual ikannya sudah tergabung dalam komunitas Pengusaha Ikan Hias Kota Bambu Slipi (Kobapi). Di sini tidak hanya penjual saja yang berkumpul melainkan juga kolektor ikut nimbrung.

Tentunya keberadaan komunitas tersebut akan memudahkan para anggotanya untuk menyediakan bibit ikan cupang dari para peternaknya langsung. Urusan harga terjangkau jadi tidak perlu takut mahal.

Bagi anda yang memeng hobi mengoleksi ikan cupang, anda tak perlu khawatir akan merogoh kocek dalam. Pasalnya, ikan cupang yang dijual memiliki variasi harga yang beragam, mulai dari Rp 250.000 sampai Rp 7 juta untuk Grade A. sedangkan untuk Grade B, harganya berkisar antara Rp 50.000 sampai Rp 200.000. Sementara itu untuk grade C, harga yang ditawarkan hanya sebesar Rp 3.000 hingga Rp 5.000 per paket ekor cupang.

Untuk anakan Cupang yang panjangnya baru 2 sentimeter (cm) dijual dengan harga Rp 1.500 per ekor. Dalam sebulan, para penjual yang telah tergabung dalam Kobapi di sentra ini bisa membeli sekitar 2.000 bibit ikan cupang hias dari peternaknya langsung. Kemudian, ikan yang masuk dalam famili Anabantidae (Labirynth fisher) ini dibudidayakan selama tiga bulan, sebelum dijual lagi ke konsumen.

Sistem yang diterapkan sentra tersebut adalah membeli bibit ikan cupang hias dari para pembudidaya yang saat ini berjumlah 47 orang. Tidak ada kuota maksimal jumlah ikan yang boleh dijual ke kami dalam sebulan," ujar Ketua Kobapi, Ahmadi kepada wartawan.

Untuk diketahui, dulunya sentra yang diresmikan pada 16 Desember 2007 lalu itu menjual pelbagai jenis ikan hias, tidak cuma cupang saja. Tapi sekarang, sentra yang dikelola Kobapi ini hanya menjual ikan cupang.

Memang penjualan di sentra Slipi menurun omzetnya dibandingkan pada awal-awal baru berdirinya sentra ikan hias ini. Namun, penjualan ikan cupang saat ini makin banyak peminatnya.
 

Ayam Bak Model Berharga Ratusan Juta

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan, Vicky Anggriawan