logo


Gibran dan Kaesang Santai Hadapi Pembenci Jokowi

Gibran hampir tak pernah berbicara soal politik kepada bapaknya.

25 Februari 2016 07:12 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menjadi anak dari seorang presiden tak lantas membuat Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep terhindar dari beragam cibiran. Baru-baru ini keduanya mengungkapkan bahwa mereka kerap dijadikan sasaran tembak para haters Jokowi (pembenci Jokowi).

Nilai baiknya, kedua anak Jokowi tersebut telah memahami betul bwaha tidak semua orang menyukai takdir Jokowi sebaagi presiden Republik Indonesia.

Dalam sebuah tayangan talkshow televisi berita nasional, Gibran misalnya, mengakui sering mendapatkan mention di ruang media sosial Twitter yang menjelekannya. bahkan tak jarang para pengguna Twitter melempar fitnah atas bapaknya.


Ustaz Maaher Vs Nikita Mirzani, Warganet Bela dengan Tagar #KitaNikita

Namun cara Gibran menyikapi hal tersebut terbilang aneh dan tak biasa. Bukan malah mengklarifikasi tudingan-tudingan para haters, Gibran khususnya di Twitter, justru me-retweet tudingan-tudingan tersebut agar publik bisa memilahnya.

"Kalau ada berita jelek malah saya retweet. Biar seru aja, kan bisa kesaring, siapa saja sih yang makan fitnah mentah-mentah," ungkap Gibran kepada host tv tersebut.

Gibran berpandangan bahwa juanganlah serius-serius menanggapi kebencian orang lain, terlebih kita pun tidak mengenal orang tersebut. Anak Jokowi itu pun memuji masyarakat dunia maya Indonesia, dengan mengatakan bahwa telah banyak dari mereka yang cukup pintar untuk menilai sesuatu.

"Biar sekalian jadi buzzer (untuk) orang-orang itu. Kan orang-orang lain juga sudah cukup pintar untuk menilai," tutur Gibran.

Meski punya cara untuk menyikapi mention para haters, terkadang Gibran juga merasa terganggu atas setiap pernyataan kebencian yang ditujukan kepadanya. Khusus tudingan yang bersifat fitnah atau berita palsu, Gibran memilih untuk membicarakan hal tersebut kepada Jokowi.

Meski demikian, Gibran hampir tak pernah berbicara soal politik kepada bapaknya itu.

"Kalau politik tidak pernah bicara sama sekali, tapi kalau berita hoax kita omongin. Seperti ada yang bilang ritual mistis Bapak. Katanya punya ruangan khusus untuk ritual mistis bersama anaknya, itu kita bicarain. Atau saat ramai soal Oey Hong (rumor pengusaha Oei Hong Leong yang merupakan ayah Jokowi), itu masih dibicarain," tegas pengusaha Catering.

Tak jauh berbeda dengan Gibran, Kaesang pu n memiliki kecenderungan yang sama dalam meladani para pembenci Jokowi tersebut. Putra bungsu Jokowi itu malah tak mau ambil pusing tentang jumlah haters dimiliki bapaknya.

Sikap Jokowi yang santai menghadapi cercaan negatif menjadi inspirasi Kaesang untuk memperlakukan para haters.

"Bapak saja santai, ngapain saya marah," tutur Kaesang.

Selama ini, Kaesang memang dikenal lebih ekspresif di media sosial. Tweet atau post lucu yang diunggah Kaesang memang seringkali membuat orang tersenyum. Tidak jarang tweet Kaesang itu meledek bapaknya. Meski begitu, Jokowi tidak pernah secara khusus memberikan larangan atau batasan khusus.

"Pesan Bapak cuma, jangan pernah menghina orang, menjelekan orang," ucap Kaesang.

Susi Pudjiastuti Ajak Netizen Unfollow, Abu Janda: Sumbu Pendek

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah