logo


2025, Indonesia Jadi Pemasok Batubara Asia Tenggara

29 September 2014 02:06 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan pada tahun 2025 mendatang Indonesia akan menjadi pemasok batubara utama di kawasan Asia Tenggara.

"hingga 10 tahun kedepan, batubara akan tetap menjadi pemasok utama bahan bakar pembangkit di Asia Tenggara," kata Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Jarman kepada wartawan.

Jarman mengungkapkan, Indonesia dianugerahkan Tuhan dengan memiliki banyak cadangan pasokan batubara. Dengan kondisi tersebut harapannya kedepan penggunaan batubara akan lebih ditingkatkan khususnya untuk bahan bakar pembangkit listrik.


Arnold Schwarzenegger Bangun PLTS Nias Utara

"Bila penggunaan batubara saat ini baru sekitar 50 persen, diharapkan pada tahun 2020 batubara dapat menyumbang 63 persen dari bauran energi nasional untuk sub sektor kelistrikan," ucap Jarman.

Untuk mendukung target bauran energi, pemerintah juga telah mengeluarkan kebijakan Domestic Market Obligation (DMO) untuk batubara. Dengan adanya aturan DMO, pemanfaatan sumber daya batubara akan diutamkan terlebih dahulu kepada kebutuhan lokal.

Seperti diketahui, saat ini bauran energi bahan bakar pembangkit listrik saat ini masih menunjukkan ketergantungan yang tinggi terhadap minyak bumi yaitu sebesar 49,7%. Pemerintah akan berupaya untuk menurunkan ketergantungan ini hingga menjadi 25% tahun 2025.

 

Pemerintah Puas Selesaikan Renegosiasi 107 KK Pertambangan

Halaman: 
Penulis :