logo


Pemerintah Belum Putuskan Nasib Divestasi Saham Freeport

Tim kajian yang sedang disiapkan ini nantinya akan melakukan pembahasan terkait mekanisme pembagian saham

24 Februari 2016 14:28 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pelepasan saham PT Freeport Indonesia sebesar 10,64% masih terus digodok tim kajian yang terdiri dari berbagai Kementerian dan lembaga pemerintahan. 

Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba) Kementerian energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bambang Gatot Ariyono menuturkan, tim kajian yang sedang disiapkan ini nantinya akan melakukan pembahasan terkait mekanisme pembagian saham, termasuk pada batasan waktu, hingga proses transisinya.

"Sekarang sedang disiapkan tim. Nanti kita akan rapat tentukan pembahasan gimana mekanismenya, terus kemudian proses, time line," ungkap Bambang di Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (24/2).


Kementerian ESDM Minta Pelaku Tambang Sampaikan Masterplan ke Pemda

Namun saat diminta menyebutkan nama-nama yang masuk ke dalam tim tersebut, Bambang enggan berkomentar banyak. Dirinya berdalih, nama-nama anggota tersebut masih belum bisa disampaikan.

"Masih beberpa kementerian masih belum sampaikan," pungkasnya.

Seperti yang diketahui, Kementerian ESDM dalam hal ini Ditjen Minerba memang tengah memfasilitasi terbentuknya tim kajian yang khusus membahas terkait divestasi Freeport.

Sejumlah kementerian dan lembaga ikut masuk dalam tim antara lain, Kementerian Keuangan, Kementerian Koordinator Perekonomian, Kementerian BUMN, Kementerian Perindustrian. Selain itu juga turut masuk wakil dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Sekretariat Negara dan Kejaksaan Agung.

Kementerian ESDM Sempurnakan Aturan HPM, Pasar Domestik Nikel Bakal Tumbuh

Halaman: 
Penulis : Citra Fitri Mardiana, Vicky Anggriawan