logo


Lindungi Lingkungan, DPR Siapkan RUU Perubahan Iklim

Satya belum bisa memastikan kapan RUU Perubahan Iklim ini dibahas

19 Februari 2016 18:16 WIB

Anggota Komisi VII DPR RI, Satya Widya Yudha. (Foto: dpr.go.id)
Anggota Komisi VII DPR RI, Satya Widya Yudha. (Foto: dpr.go.id)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Komisi VII DPR RI saat ini tengah menyiapkan Rancangan Undang-Undang tentang Perubahan Iklim. Hal itu dikatakan anggota Komisi VII DPR RI yang juga merupakan politisi Partai Golkar, Satya Widya Yudha.

"Langkah ini sebagai bentuk penyikapan terhadap kesepakatan Indonesia saat konferensi perubahan iklim atau COP 21 di Paris, Perancis, di penghujung tahun 2015 lalu. Sekaligus dalam upaya memperkuat perlindungan tehadap lingkungan," ujarnya seusai acara diskusi "Indonesia Pasca COP21 di Paris" di Ruang KK I Gedung DPR, Jumat (19/2).

Menurutnya, UU ini sangat diperlukan supaya aksi yang dijalankan oleh para pelaku baik di seluruh Kementerian, maupun stakeholder lainnya seperti parlemen dan khususnya swasta sesuai secara hukum, mengingat Indonesia sudah berkomitmen untuk menurunkan emisi sebesar 29 persen pada tahun 2030 dan 41 persen bantuan dari negara lain, serta ikut andil dalam menurunkun suhu bumi dibawah 2 derajat celcius.


Pertanyakan Anggaran Corona Rp 4,48 T, PAN: Jangan-jangan Bukan untuk Kemenkes Saja

"Hal-hal yang demikian nantinya masuk ke dalam aksi dan mitigasi adaptasi terhadap langkah-langkah. Nanti dalam UU itu tentunya lebih spesifik pasal-pasal yang mengatur masalah mitigasi dan adaptasi dan rencana aksi. Karena nanti di dalam turunan UU akan ada sub yang lebih menjabarkan rencana aksi," tukasnya.

Sementara itu mengenai waktu penyelesaian UU, Satya belum bisa memastikan kapan RUU Perubahan Iklim ini dibahas. Pasalnya, pembentukan UU tersebut masih berupa wacana.

Dirjen Imigrasi Sebut Pegawai Tak Kenal Djoko Tjandra, DPR: Tapi Kan Bapak Punya Sistem?

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Vicky Anggriawan