logo


Bengkulu Jadi Provinsi Pertama Melihat Gerhana Matahari Total

Karena di Bengkulu pada pukul 06:19 WIB matahari belum sepenuhnya terbit

19 Februari 2016 17:09 WIB


BENGKULU, JITUNEWS.COM - Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang Rahmat Triyono mengatakan bahwa gerhana matahari total pada 9 Maret 2016 di Indonesia akan dimulai pada pukul 06:19:18 WIB di sebelah Selatan dari Provinsi Bengkulu. 

"Kontak pertama, gerhana matahari teramati di hampir seluruh daerah di Provinsi Bengkulu, kecuali di Kabupaten Mukomuko. Hal itu dikarenakan matahari masih belum terbit di kabupaten tersebut," ungkapnya. 

Gerhana matahari yang teramati dari sebagian besar kabupaten di Provinsi Bengkulu adalah gerhana matahari sebagian, namun gerhana matahari total justru akan terlihat di Kabupaten Mukomuko pada pukul 06:20 WIB. 

Gerhana matahari di Bengkulu, lanjut Rahmat, akan dimulai pada pukul 06.20 WIB, dan puncak gerhana terjadi pada pukul 07.20 WIB, dan berakhir pada pukul 08.28 WIB. 

"Durasi gerhana yang teramati di Bengkulu rata-rata adalah dua jam dan 8 menit," paparnya.  


Ibas : Pencopotan Buwas, Polri Belum Transparan!

Di Provinsi Bengkulu terdapat dua lokasi yang terlewati jalur totalitas gerhana, yaitu Kabupaten Mukomuko, dengan magnitudo gerhana sebesar 1,008 dan Muara Aman di Kabupaten Lebong, dengan magnitudo sebesar 1,006.

"Durasi totalitas di masing-masing lokasi tersebut adalah satu menit lebih 43,0 detik dan satu menit lebih 29,9 detik," tambahnya.  

Magnitudo 1,000 berarti matahari tertutup sempurna oleh bulan sehingga kondisi bumi pada saat itu seperti saat senja.

Sementara itu, di daerah-daerah lainnya di Bengkulu hanya mengalami gerhana matahari sebagian dengan magnitudo gerhana terentang antara 1,000 sebelah Selatan Muara Aman hingga 0,930 di Bengkulu bagian Selatan.

Rahmat mengharapkan, masyarakat untuk turut menyaksikan proses gerhana matahari tersebut namun tidak menatapnya secara berlama-lama.

"Lebih baik menggunakan kaca mata khusus untuk menghindari paparan matahari langsung," pungkasnya.  

Seperti diketahui, gerhana matahari total juga dapat dinikmati di sejumlah daerah antara lain Jambi, Sulawesi Tengah, Kalimantan Barat, dan Maluku Utara.

|ANT| 

Setahun Jokowi-JK, Anggota DPD-RI : Menteri Kabinet Kerja Masih Belum Kompak!

Halaman: 
Penulis : Tommy Ismaya