logo


Wow Ada Pepes Ikan Nuklir?

11 Agustus 2014 15:42 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tahukah Anda jika nuklir atau inti atom tidak hanya digunakan untuk alternatif energi. Namun juga bisa digunakan untuk mengawetkan pepes ikan.Apakah berbahaya bagi kesehatan?

Kepala Bidang Produksi dan Promosi Media Badan Teknologi Nuklir Nasonal (BATAN), Dedi Miharja, dengan cara iradiasi melalui sinar gama, pepes ikan dapat awet selama 1,5 tahun.

"Kalau pepes biasa hanya bertahan seminggu. Kalau kemasan pepes ikan ini tidak rusak bisa bertahan 1,5 tahun," katanya kepada Jitunews.com, di stan pameran "Ritech Expo" Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Senin (11/8).

Selain itu kata Dedi, pemanfaatan iradiasi sinar gama tidak berbahaya. Bahkan untuk segi rasa dan kandungan protein tidak berubah. Dia menjelaskan, BATAN berdasarkan UU No 10 tahun 1997, merupakan badan pelaksana pengembangan penelitian dan teknologi nuklir untuk bidang energi dan non energi. Di bidang energi membantu penyediaan listrik, sedangkan bidang non energi membantu sektor pertanian, peternakan, perikanan dan pascapanen.

Pemanfaatan iradiasi sambung Dedi banyak digunakan di bidang non energi seperti di bidang pertanian, peternakan, perikanan dan pascapanen. "Pengawetan pepes ikan merupakan bagian dari pascapanen. Untuk dibidang pangan, nuklir memiliki potensi dari segi waktu, rasa dan ketahanan pada hama ," tuturnya.

 

Pemerintah Baru Diharapkan Kembangkan Lahan Gambut

Halaman: 
Penulis :