logo


Siap-Siap Hadapi Kekeringan, Pemkab Banyuwangi Tampung Air Sungai

Pemkab Banyuwangi juga membangun sentra perikanan baru

18 Februari 2016 14:37 WIB

Bupati Banyuwangi-Jawa Timur, Abdullah Azwar Anas. (Istimewa)
Bupati Banyuwangi-Jawa Timur, Abdullah Azwar Anas. (Istimewa)

JAWA TIMUR, JITUNEWS.COM- Bupati Banyuwangi-Jawa Timur, Abdullah Azwar Anas, mengatakan bahwa dirinya memprioritaskan pembangunan long storage (tempat penampungan), yang nantinya berguna bagi budidaya perikanan. Pasalnya, perikanan menjadi salah satu aspek unggulan di wilayahnya. 

“Ada pembangunan long storage di dua kecamatan untuk menahan limpahan air sungai agar tak langsung terbuang ke laut,” kata Abdullah, dalam press release yang diterima jitunews, Kamis (18/2).

Adanya long storage tersebut, terang Azwar, diharapkan sungai tidak kering ketika memasuki musim kemarau. Sehingga walaupun masuk musim kemarau, sungai masih dapat digunakan untuk budidaya perikanan.


Mendag: Tidak Ada Alasan Harga Pangan Naik!

“Ini sejalan dengan program bidang perikanan lain yaitu gerakan pengkayaan sumber daya ikan dengan menyebar ratusan ribu benih ikan di perairan umum agar bisa dimanfaatkan warga,” tambah Azwar.

Sambung Azwar, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi juga mengembangkan Kawasan Pelabuhan Perikanan di Grajagan. Di sana, bakal dibangun dermaga dan fasilitas pendukungnya, seperti tempat pelelangan ikan, kantor, dan kios pedagang. “Program ini untuk membentuk sentra perikanan baru, membuka alternatif pekerjaan baru bagi masyarakat pesisir, dan mempermudah akses nelayan,” tukasnya.

Tiga Pilar Utama Pemerintah Sukseskan Upaya Perang Melawan IUU Fishing

Halaman: 
Penulis : Puput Indah Lestari, Christophorus Aji Saputro