logo


DPR: Indonesia Miliki Tenaga Ahli Kembangkan EBT

'Selain ramah lingkungan & dapat diperbarui, kita punya tenaga ahli yang mampu menangani bisnis ini'

17 Februari 2016 10:39 WIB

Wakil Ketua DPR RI, Agus Hermanto. (Foto: dpr.go.id)
Wakil Ketua DPR RI, Agus Hermanto. (Foto: dpr.go.id)

MANADO, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua DPR RI, Agus Hermanto mengungkapkan, dirinya sangat mendukung perkembangan bisnis panas bumi di tanah air, khususnya energi geothermal ramah lingkungan yang ada di Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

"Potensi Energi Baru Terbarukan (EBT) di Indonesia, khususnya energi geothermal sangat tinggi, namun pemanfaatannya yang saat ini masih sangat minim sehingga perlu ditingkatkan," ungkap Agus saat ditemui di Manado baru-baru ini.

Menurutnya, alasannya mendukung pengembangan bisnis geothermal tersebut dikarenakan energi ini dapat diperbaharui dan Indonesia memiliki sumber daya manusia yang mampu mengolahnya.


Menteri METI Jepang Undang Jonan Bahas Investasi EBT

"Kenapa kita harus memanfaatkan energi geothermal? karena energi ini sangat ramah lingkungan, dapat terus diperbarui dan jangan lupa, kita punya tenaga ahli yang sudah mampu menangani bisnis ini dari hulu sampai hilir," ujar Agus.

Agus menambahkan, untuk merubah status potensi sumber daya menjadi cadangan terbukti, diperlukan biaya yang cukup besar pada kegiatan eksplorasi. Untuk itu, Pemerintah harus menyediakan anggaran khusus terkait dengan kegiatan eksplorasi geothermal tersebut.

"Kita dapat menggunakan anggaran infrastruktur untuk dialihkan ke bidang eksplorasi energi geothermal ini," tutupnya.

DPR Apresiasi Pengelolaan Anggaran Kementerian ESDM

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin