logo


Kaktus Hias: Beda Nama, Beda Keindahan, Beda Pula Sensasinya

Kaktus tanaman bandel yang kian digemari pecinta tanaman hias

16 Februari 2016 13:26 WIB

Tanaman kaktus hias. (Foto: Istimewa)
Tanaman kaktus hias. (Foto: Istimewa)

SURABAYA, JITUNEWS.COM– Siapa yang tak kenal dengan tanaman kaktus. Tanaman berduri yang identik hidup di tanah gersang tersebut, kini tengah digandrungi para penghobis tanaman hias. Pasalnya, kaktus tak melulu berwarna hijau dengan bentuk konvesional. Kaktus saat ini memiliki bentuk beragam yang sanggup memikat para pecintanya. 

Misalnya saja, Sugita Wijaya, kolektor kaktus asal Surabaya-Jawa Timur, yang memiliki koleksi kaktus sepot A. asterias cv superkabuto diamond from. Bahkan menurutnya, kaktus jenis ini masih langka.

Dari namanya, kaktus tersebut berselimut totol-totol putih dan memiliki bentuk segi enam. Batas antar ribs terlihat tegas, sehingga bila dilihat dari atas tampak seperti potongan berlian. Tak hanya itu, Sugita juga memiliki A.myriostigma cv onzuka hannya. Sebutan hannya di belakang namanya menunjukan bahwa kaktus mahal itu memiliki totol putih yang sangat jelas.


Menguak Pengaruh Positif Hadirnya Tanaman Hias di Rumah

Beda lagi dengan Marchel Setiawan Tanusaputra, penghobi kaktus asal Manado-Sulawesi Utara ini. Ia memiliki kaktus yang tak kalah unik yakni A. myriostigma cv kikko nudum variegate dan A. myriostigma cv multicocstatum fukuryo ranpo. A. myriostigma cv kikko nudum variegate memiliki motif menarik lantaran didominasi warna kuning. Sedangkan A. myriostigma cv multicocstatum fukuryo ranpo memiliki tipe pseudoribs acak, plus tekstur tanaman yang kasar.

Lain cerita lagi dengan Adly Havendri, penghobi kaktus asal Padang-Sumatera Barat, yang kesengsem dengan A. myriostigma nudum variegate karena memiliki rupa yang sangat cantik. Bentuknya seperti belimbing bundar dengan tiga corak warna yaitu kuning, hijau, dan jingga. Tak hanya satu jenis, Adly juga memiliki A. myriostigma cv multicocstatum variegata yang tubuhnya dipenuhi bintik-bintik putih nyaris menutupi permukaan kulitnya. Nah, Anda memiliki jenis kaktus yang mana?

Bamboo Biennale 2016 Hadirkan Beragam Kreativitas dari Bambu

Halaman: 
Penulis : Aditya Kurniawan, Christophorus Aji Saputro