logo


10 Tanaman Hias Pembersih Udara

7 Oktober 2014 09:50 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Indonesia kaya akan tanaman hias, baik ditanam di luar ruangan maupun dalam ruangan. Ada banyak tanaman hias dalam ruangan yang berfungsi sebagai pembersih udara. Jadi, tak sekadar sebagai hiasan di ruangan, tapi mampu membersihkan udara, menyerap polutan dan gas-gas berbahaya lainnya.

Penelitian National Aeronautics and Space Administration (NASA) dan Associated Landscape Contractors of America (ALCA) menunjukkan, sejumlah tanaman hias dalam ruangan ternyata mampu menyerap polutan dan gas-gas berbahaya, seperti benzena, xylene, formaldehida, xilena, nitrogen oksida dan berbagai bahan kimia lain yang hadir di udara.

Menanam jenis tanaman hias di bawah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kebersihan udara bagi penghuninya:

1. Lidah mertua (Sansevieria)
Lidah mertua merupakan tanaman penyerap racun, dengan bentuk khas dan mudah dikenali. Berbagai jenis racun yang mampu diserap antara lain karbonmonoksida, nikotin, benzene, formaldehyde, trichloroethylene, hingga dioksin. Bahkan, hanya dengan 5 helai daunnya, tanaman ini mampu menyerap dan membersihkan ruangan seluas 100 m3 dari berbagai jenis polutan. Tanamlah lidah mertua di dalam rumah Anda!

2. Lidah Buaya (Aloe vera)
Tumbuhan ini lazim digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka dan mulai dikembangkan sebagai bahan industri kosmetik, farmasi, dan makanan-minuman kesehatan. Ternyata lidah buaya juga mampu menyerap polutan, termasuk menetralisir racun benzena, formaldehida (formalin), dan berbagai bahan kimia lainnya.

3. Spider plant (Chlorophytum comosum)
Tanaman asal Afrika ini telah tersebar ke segala penjuru dunia. Mampu mencapai ketinggian 60 cm, Spider plant mampu menyerap benzena, formaldehida, karbon monoksida dan xilena, bahan kimia pada industri kulit, termasuk karet dan pencetakan.

4. Herbras (Gerber daisy)
Tanaman berbunga warnap-warni ini dan kerap dijadikan bunga potong mendampingi mawar, anyelir, seruni, dan tulip. Herbras dapat tumbuh baik di pot dalam ruangan. Selain efektif menghilangkan trichloroethylene, ia ocok diletakkan di kamar mandi, ruang mencuci, bahkan kamar tidur.

5. Sirih gading (Devil’s ivy)
Tanaman berbunga dari keluarga Araceae asli Indonesia ini sangat baik sebagai pembersih udara. Selain empifit dan semi-merambat, ia handal menyerap racun formaldehida dan berbagai polutan lainnya.

6. Beringin
Populer disebut pohon ara, Beringin kerap dianggap pohon angker dan dikeramatkan. Penelitian NASA menyebutkan, tanaman ini mampu membersihkan udara di dalam ruangan, terutama menyerap polutan terkait karpet dan furnitur seperti formaldehida, benzena dan
trichloroethylene.

7. Aglaonema (Sri Rejeki)
Sri Rejeki mudah dirawat dan mampu membersihkan udara dalam ruangan dari berbagai polutan dan racun. Di antaranya benzena dan formaldehida.

8. Palem bambu (Bamboo palm)
Tanaman ini dapat dibudidayakan dalam pot dalam ruang. Palem bambu punya kemampuan handal menyerap polutan benzena dan trichloroethylene. Termasuk membendung gas beracun formaldehida yang melekat pada furnitur.

9. Warneck dracaena
Adalah jenis tanaman liar yang kerap mudah dijumpai di semak. Mampu tumbuh setinggi 15 meter, Warneck banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias dalam pot dan sanggup menghilangkan polutan akibat pernis dan minyak.

10. Seruni (Krisan)
Bunga warna-warni yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Florist’s daisy atau Hardy garden mum. Selain wangi dan mampu tumbu hingga 90 cm, Seruni mampu menghilangkan benzena (dari lem, cat, plastik dan deterjen), formaldehida, dan bahan kimia lainnya dari udara. Wow, seperti deterjen, wangi dan membersihkan.(AE)
 

8 Tanaman Hias Paling Diminati

Halaman: 
Penulis :