logo


Meski Cenderung Turun, Harga Sayur di Solo Masih Terlalu Mahal

Harga beberapa sayuran memang telah mengalami penurunan sejak sepekan terakhi

16 Februari 2016 09:36 WIB

Suasana di Pasar Gede Solo
Suasana di Pasar Gede Solo

SOLO, JITUNEWS.COM - Harga kebutuhan pokok di pasar tradisional di Solo, Jawa Tengah perlahan mengalami penurunan. Meskipun mengalami penurunan, harga sayuran tersebut masih terpantau tinggi jika dibanding sebelumnya.

Salah seorang pedagang sayuran di Pasar Gede Solo, Nunik mengatakan, harga beberapa sayuran memang telah mengalami penurunan sejak sepekan terakhir. Misalnya, brokoli dari harga Rp 15.000 per kilogram turun menjadi menjadi Rp 10.000 per kilogram, boncis baby dari harga Rp 15.000 per kilogram menjadi Rp 10.000 per kilogram.

"Untuk bawang merah masih tinggi, yakni Rp 27.000 per kilogram dan bawang putih Rp 25.000 per kilogram," ungkap Nunik kepada Jitunews.com seusai melayani pembeli, Selasa (16/2).


Cegah Permainan Spekulan di Sektor Minyak Curah, Ini Langkah Kemendag

Pedagang sayuran lain di Pasar Gede, Suroso juga mengatakan bahwa dalam beberapa hari terakhir harga sayuran mengalami penurunan. Namun penurunan itu tidak terjadi pada harga komoditas tertentu. Seperti tomat dan cabai. Selain karena pasokan kurang, banyak petani yang mengalami gagal panen akibat cuaca.

"Harga tomat masih Rp 12.000 per kilogram dan cabai merah besar harganya masih Rp 22.000 per kilogram. Masih tingginya harga tersebut karena musim hujan ini banyak petani gagal panen. Sehingga pasokan juga berkurang," bebernya.

Sementara beberapa kebutuhan lain yang mengalami penurunan harga, antara lain sawi putih dari harga Rp 8.000 per kilogram turun menjadi Rp 5.000 per kilogram, bunga kul awalnya Rp 12.000 per kilogram turun menjadi Rp 5.000- Rp 6.000 per kilogram, dan wortel dari Rp 10.000 per kilogram turun menjadi Rp 6.000 per kilogram.

"Meskipun ada beberapa kebutuhan turun semuanya masih bisa kami atasi. Pasokan juga masih aman," terang Suroso.

Meski Sudah Ada Acuan, Harga Bahan Pokok Masih Saja Tinggi

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan