logo


Mau Khasiat Herbal Lebih Cepat? Lakukan Tips Jitu Ini

Jika sedang dilanda flu atau pilek menghirup uap dari campuran herbal dan air panas sangat bermanfaat.

15 Februari 2016 16:49 WIB

Ilustrasi ramuan herbal. (Foto: Ist)
Ilustrasi ramuan herbal. (Foto: Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Herbal adalah tanaman atau tumbuhan yang bisa dimanfaatkan sebagai pilihan lain pengobatan selain obat. Herbal yang dikemas dengan sedemikian rupa ternyata mampu untuk mencegah atau bahkan mengobati berbagai macam penyakit, baik yang ringan maupun yang berat.

Meski memiliki kemampuan, namun khasiat herbal membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Bahkan jauh lebih cepat pengkonsumsian obat-obatan ketimbang herbal.

Beberapa herbal alami bisa dirasakan khasiatnya jika di campurkan dengan bahan-bahan tertentu agar khasiat yang terkandung dapat dirasakan dengan cepat seperti yang dilansir dari thehealthsite sebagai berikut :

Makanan

Menambahkan herbal untuk salad, sup dan olahan makanan lainnya adalah cara terbaik untuk menyerap nutrisinya. Rosemary, basil, seledri dan herbal lainnya akan menambah rasa dan aroma makanan sehat kamu. Untuk memotongnya, sebaiknya lakukan dengan tangan (bukan dengan pisau), karena trik ini akan mempertahankan rasa dan nutrisi di dalamnya.

Mandi

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan manfaat dari herbal antara lain dengan menjadikannya campuran dalam air mandi. Beberapa jenis herbal yang bisa digunakan antara lain eucalyptus, lavender, sage dan basil. Mandi dengan herbal tersebut (terutama dengan air hangat) berfungsi untuk mengobati infeksi kulit dan menjaga tubuh kamu tetap wangi.

Uap air


Tulsi, si Daun Ajaib untuk Mengobati Keracunan Makanan

Jika sedang dilanda flu atau pilek menghirup uap dari campuran herbal dan air panas sangat bermanfaat sebagai obat. Tak hanya mencairkan lendir yang menyumbat hidung, cara ini juga bisa mempercepat penyembuhan. Chamomile, lavender, atau daun teh hijau adalah beberapa jenis herbal yang bisa kamu gunakan. Cara ini juga baik untuk kulit wajah kamu.

Kompres

Tanaman herbal juga bisa digunakan sebagai kompres dengan tujuan relaksasi. Caranya, tumbuk kasar beberapa tanaman herbal dan bungkus dalam kain katun. Setelah itu celupkan bungkusan tersebut dalam air hangat dan dapat kamu jadikan kompres pada area tubuh yang kamu inginkan. Kompresan ini juga bisa digunakan untuk meredakan nyeri otot atau saraf. Beberapa herbal yang bisa digunakan antara lain sage, dan bawang putih.

Produk pelembap

Beberapa jenis herbal seperti daun kari, lavender, bunga mawar daun teh segar dapat dicampurkan dengan produk pelembap tubuh untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Atau bisa juga menggunakan minyak zaitun atau kelapa.

Salut, Mahasiswa Ini Ciptakan Ramuan Herbal untuk Enyahkan Insomnia!

Halaman: 
Penulis : Aditya Wardhana, Syukron Fadillah