logo


Waikelo Sawah, Segara Tersembunyi dari Sumba

Jarak menuju Waikelo Sawah dari Waikabubak hanya sekitar 9 kilometer

15 Februari 2016 13:00 WIB

Kolam yang terdapat di dalam gua merupakan salah satu pesona Waikelo Sawah. (Ist)
Kolam yang terdapat di dalam gua merupakan salah satu pesona Waikelo Sawah. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pulau Sumba terkenal dengan padang savananya yang luas dan kering karena musim kemarau berlangsung sangat panjang, sekitar 9 bulan, sedangkan musim hujan hanya terjadi sekitar 3 bulan saja. 

Tapi tunggu dulu, Anda jangan terburu berpaling dari Sumba karena Anda akan dibuat takjub dengan kehadiran Waikelo Sawah

Tempat ini merupakan sumber keluarnya air tawar yang berasal dari sungai bawah tanah. Air yang melimpah ruah tersebut mengalir ke kolam kecil di mulut gua yang memiliki lebar 4 meter dan tinggi 3 meter. Tak pelak pemandangan eksotis pun tercipta dan otomatis menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap kepala yang mengunjunginya.


Wisata ke Saloka Dapat Mobil! Begini Caranya

Debit air di Waikelo Sawah diperkirakan mencapai seribu liter per detik. Airnya pun disalurkan melalui irigasi untuk mengairi sawah-sawah di beberapa desa, seperti desa Tema Tana, Kalembu Ndara Mane, Mareda Kalada, Pada Eweta,Wee Rame, Dikira, dan desa Tanggaba. 

Waikelo Sawah terletak di Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Jika Anda singgah dari bandara Tambolaka, pergilah ke arah kota Waikabubak. Dari Waikabubak, ibukota Kabupaten Sumba Barat, jarak Waikelo Sawah hanya sekitar 9 kilometer. Kondisi jalannya pun sudah beraspal dan terawat, sehingga Anda tak usah khawatir.

Daerah Wewewa merupakan daerah pegunungan berhawa sejuk. Hutan di daerah ini berfungsi sebagai daerah tangkapan air, sehingga mampu mengikat air hujan dan mengalirkannya ke celah-celah batu kapur dan sungai bawah tanah yang ada di bawahnya. 

Bagi Anda yang tertarik ke sana, sebaiknya datang pada bulan Februari atau November, karena pada saat itu penduduk desa adat Sumba sedang menyelenggarakan tradisi Pasola dan Wula Podu yang tak kalah menarik untuk disaksikan.

Pengundian 'Wisata ke Saloka Dapat Mobil', Ini Daftar Pemenangnya

Halaman: 
Penulis : Hartati, Agung Rahmadsyah