logo


5 Langkah Mudah Cegah Hipertensi

Hipertensi dapat meningkatkan risiko terjadinya stroke, demensia, ginjal dan jantung

14 Februari 2016 09:17 WIB

Ilustrasi. (Foto: google)
Ilustrasi. (Foto: google)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pengertian hipertensi atau tekananan darah tinggi merupakan gangguan pada sistem peredaran darah yang dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah di atas nilai normal, yaitu melebihi 140/90 mmHg. Hipertensi dalam bahasa inggrisnya adalah Hypertension, Hypertension berasal dari dua kata yaitu Hyper yang berarti tinggi, dan Tension yang berarti tegangan.

Ketika dilakukan pemeriksaan tekanan darah menghasilkan dua angka, yaitu angka yang lebih tinggi dan angka yang lebih rendah. Angka yang lebih tinggi didapat ketika jantung berkontraksi (sistolik), sedangkan angka yang lebih rendah didapatkan ketika jantuk berelaksasi (diastolik). Tekanan darah kurang dari 120/80 mmHg dapat diartikan sebagai tekanan darah yang normal. Ketika darah tinggi, umumnya terjadi kenaikan tekanan sistolik dan diastolik.

Di samping itu, sampai saat ini pengetahuan masyarakat dan petugas kesehatan di seluruh Indonesia tentang hipertensi tercatat masih rendah dengan jumlah kasus yang tidak terdiagnosa dan jumlah pasien yang tidak mendapat terapi yang memadai masih tinggi. Hal ini tentu saja meningkatkan risiko terjadinya stroke, demensia, ginjal dan jantung.

Karenanya, semua pihak, baik masyarakat, petugas kesehatan maupun pemerintah diharapkan untuk lebih meningkatkan kepedulian terhadap penyakit ini. Pasien hipertensi dihimbau untuk melakukan pola hidup sehat, melakukan kontrol tekanan darah, membatasi penggunaan garam, mengonsumsi obat obatan dan yang terutama melakukan berbagai upaya yang menopang prinsip pengobatan capai target.

Bukti yang cukup mendukung efek positif dari modifikasi gaya hidup sehat dalam pencegahan dan pengelolaan hipertensi. Berikut 5 langkah sederhana dalam pencegahan dan pengelolaan hipertensi menurut pakar hipertensi dan salah seorang pendiri InaSH, dr. Arieska Ann Soenarta, SpJP(K), FIHA :

Bangun Tidur Langsung Cek HP, Ini Bahayanya

Halaman: 
Penulis : Suciati, Riana