logo


Menteri Sudirman: Indonesia Bisa Jadi Super Power Energi Terbarukan

Sinar matahari melimpah, sampah di kota-kota bisa diubah menjadi sumber energi.

12 Februari 2016 17:49 WIB

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said. (Foto: Ist)
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said. (Foto: Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Jika dimanfaatkan secara optimal, Indonesia akan menjadi super power energi terbarukan (EBT). "Jangan abaikan potensi energi terbarukan yang begitu besar. Kalau kita bisa mencukupi seluruh kebutuhan dari tanah sendiri, itu kedaulatan yang paling hakiki," kata Menteri Sudirman Said melalui keterangan persnya pada Sosialisasi Roadshow B20 di Bali, Jum'at (12/2/16).

Menurut Menteri Sudirman, Indonesia memiliki potensi energi sinar matahari, air, dan bioenergi yang selama ini masih terabaikan. "Dengan berkembangnya kota, maka sampah ada di mana-mana. Itu juga bisa diubah menjadi tenaga listrik," kata Sudirman.

Sudirman menuturkan, eksploitasi pada energi fosil yang berlebihan guna mencukupi kebutuhan, dinilai dapat mengabaikan pengembangan EBT. "Kita terperangkap dalam berpikir yang mudah yang sebetulnya membuat utang kita pada generasi ke depan itu makin besar karena seluruh kemampuan 'dimakan' sekarang kemudian melupakan hak dari generasi mendatang," tuturnya.


Ini Sebab Mengapa Energi Terbarukan Indonesia Tidak Maju-Maju

Sudirman mengakui, saat ini pemerintah akan menata ulang seluruh kebijakan energi yang ada. Apabila berhasil mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil lalu beralih kepada energi terbarukan, Ia percaya Indonesia akan memperoleh kedaulatan sejati.

Setiap Tahun, Negara Rugi Rp 1,2 Triliun Gara-gara Maling Listrik

Halaman: 
Penulis : Citra Fitri Mardiana, Deni Muhtarudin