logo


Sulut Ekspor Tepung Kelapa Ke Korsel

4 Agustus 2014 14:59 WIB


MANADO, JITUNEWS.COM - Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memiliki komoditas unggulan baru untuk diekspor ke luar negeri, salah satunya adalah tepung kelapa.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Olvie Atteng mengatakan provinsi tersebut telah mengekspor 48 ton tepung kelapa ke Korea Selatan (Korsel) pada pekan terakhir Juni 2014.

"Ekspor tepung kelapa ke Korsel menghasilkan sumbangan devisa sebesar US$ 42.000," kata Olvie, di Manado, Senin (4/8).

Saat ini, pasar Korsel membutuhkan tepung kelapa dalam jumlah cukup besar dan ini dibaca pengekspor daerah dengan mulai melakukan pengiriman komoditas itu.

"Tepung kelapa yang diekspor ke negara tersebut telah melalui proses pengolahan di Sulut," katanya.

Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri, Disperindag Sulut, Tahi Siregar mengatakan pihaknya akan terus memfasilitasi petani kelapa dan eksportir agar terus berinovasi dengan produk turunan kelapa.

"Produk turunan kelapa jika dikembangkan akan memberikan ratusan produk, namun di Sulut saat ini yang diekspor baru minyak kelapa kasar, minyak goreng, kopra, bungkil dan tepung kelapa," jelasnya.

Ke depan, Tahi mengharapkan, produk turunan kelapa asal Sulut semakin banyak dengan tujuan ekspor yang terus berkembang. Selain tepung kelapa, juga minyak kelapa tetap berperan sebagai komoditas ekspor unggulan. (ANT)

Pemerintah Baru Diharapkan Kembangkan Lahan Gambut

Halaman: 
Penulis :