logo


Inilah Tanaman Berkhasiat untuk Flu Burung

23 Juli 2014 17:00 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tanaman asli Australia ini ternyata ampuh sebagai antiviral terhadap virus avian influenza H5N1 dan herpes simplex. Tanamn tersebut adalah Melaleuca alternifolia yang ekstraknya dapat dimanfaatkan untuk pengobatan flu burung. Selain itu ada banyak pula manfaat yang terkandung dalam tanaman berjenis herbal tersebut.

Ketua Institute of Tropical Disease Universitas Airlangga Surabaya, Prof Dr Nasronudin dr SpPD KPTI FINASIM, dalam hasil laporan penelitian menyebutkan, tim peneliti yang dipimpin olehnya itu sudah melakukan penelitian untuk mengungkap khasiat tanaman herbal. Caranya melalui pengujian in vitro terhadap virus dengue serotype DENV-1, DENV-2, DENV-3, dan DENV-4.
 
Uji in vitro dilakukan dengan menggunakan mikroskop elektron untuk mengetahui ultra struktur virus. Hasilnya, ultrastruktur virus rusak setelah diberi perlakuan MAC. Untuk memperkuat hasil penelitian, kemudian dilakukan penelitian klinis fase pertama yang melibatkan 10 orang sehat di Yogyakarta. Mereka diminta untuk mengonsumsi MAC dengan dosis tunggal 600 miligram mg dan 750 mg.
 
Pada sisi lain, mereka juga diminta mengonsumsi 300 mg untuk tiga kali sehari, dengan interval delapan jam selama lima hari berturut-turut. "MAC tidak memengaruhi organ-organ vital," klaim Nasronudin. Organ vital yang dimaksud seperti hati, ginjal, dan profil hematologi.
 
Sukses uji klinis fase pertama, tim Naronudin melakukan penelitian terhadap 60 penderita demam dengue di Jakarta. Uji klinis fase kedua menunjukkan MAC mampu menurunkan gejala demam pada hari kedua lebih cepat.
 
Selain itu, kelompok yang mendapatkan MAC tidak mengalami gejala klinik seperti mual, pusing, nyeri sendi pada hari keempat. Langkah berikutnya adalah uji klinis fase ketiga dengan dosis 300 miligram (mg) dua kali sehari, MAC mampu mengurangi jumlah virus secara signifikan.
 

​Konsumsi Ubijalar Ungu BAB Lancar

Halaman: 
Penulis :