logo


Harga Minyak Mentah WTI Turun ke Angka US$ 27/Barel

Untuk minyak mentah Brent North Sea naik 52 sen menjadi US$ 30,84/barel

11 Februari 2016 11:51 WIB

Ilustrasi. (Foto: Ist)
Ilustrasi. (Foto: Ist)

NEW YORK, JITUNEWS.COM - Hari ini, Kamis (11/2/16), harga minyak mentah Amerika Serikat (AS) jatuh ke level US$ 27,45 per barel. Hal ini dikarenakan persediaan minyak mentah AS yang tetap pada tingkat tertinggi dan juga Organization of Petroleum Exportir Countries (OPEC) yang telah menyatakan bahwa kenaikan yang signifikan dalam produksi kartel pada Januari lalu.

Seperti dilansir Agence France-Presse (AFP), minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret 2016 turun 49 sen menjadi US$ 27,45 per barel di New York Mercantile Exchange (NYME). Sedangkan minyak mentah Brent North Sea, patokan Eropa, untuk pengiriman April 2016 naik 52 sen menjadi US$ 30,84 per barel di perdagangan London.

Harga minyak sempat menguat setelah laporan Departemen Energi AS menunjukkan persediaan minyak AS turun sekitar 800.000 barel untuk pekan lalu. Namun harga segera turun kembali karena para pedagang mengambil catatan persediaan yang lebih tinggi pada bensin, kenaikan stok di pusat perdagangan utama di Cushing, Oklahoma, dan berkurangnya penurunan dalam produksi minyak.


Stok Minyak AS Naik, Harga Ikut Terdorong Naik

"WTI terus berada di bawah tekanan," ungkap Andy Lipow dari perusahaan konsultasi Lipow Associates Oil.

Andy juga mengatakan, sentimen juga dirusak oleh laporan dari OPEC yang menunjukkan bahwa produksi kartel naik sekitar 130.000 barel per hari pada Januari 2016 yang lalu.

Menteri ESDM Taksir ICP Akan Rebound ke Level US$ 40/Barel

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin